Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Iklan, Fungsi, Serta Pengaruhnya dalam Bisnis

Apa Itu Iklan, Fungsi, Serta Pengaruhnya dalam Bisnis Kredit Foto: Reuters/Eduardo Munoz
Warta Ekonomi, Jakarta -

Saat menonton televisi, mendengarkan radio, atau mengakses media sosial kita pasti sering menyaksikan iklan promosi produk atau jasa yang berseliweran.

Lalu apa itu iklan, secara singkat iklan merupakan informasi tentang suatu produk atau jasa dengan bahasa yang dibuat sedemikian rupa agar orang bersedia membeli.

Baca Juga: Meta Izinkan Iklan Kripto di Facebook, dengan Persyaratan dan Kelayakan yang Diperluas

Jadi dengan kata lain iklan bertujuan untuk memotivasi masyarakat agar menggunakan produk atau jasa dari suatu brand.

Iklan memang ada yang gratis dan berbayar, namun untuk menjangkau target market yang lebih luas iklan berbayar biasanya lebih efektif.

Fungsi Iklan Dalam Bisnis

Sebenarnya apa fungsi iklan jika dikaitkan dengan pemasaran bisnis, seperti yang dikutip dari publikasimedia.com, Sabtu (15/1/2022), fungsi iklan pada strategi pemasaran bisnis terbilang krusial. 

Baca Juga: Audiens Indonesia Disebut Toleran terhadap Iklan, OTT Dinilai jadi Peluang bagi Pengiklan

Membagikan informasi

Fungsi utama iklan adalah menyampaikan hal-hal terkait produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada khalayak ramai. Melalui iklan masyarakat akan tahu apa nama produk atau jasa bisnis Anda, manfaatnya, keunggulannya, dan lain-lain.

Bisa saja orang mulai tergoda untuk membeli, namun masih merasa ragu terutama kepada brand-brand yang baru.

Membujuk

Sebisa mungkin iklan harus menggunakan kalimat-kalimat persuasif pada pesan promosinya demi meyakinkan orang untuk membeli. Dalam seni beriklan, ajakan untuk membeli bisa bersifat terang-terangan atau tersirat.

Mengingatkan

Dalam keseharian kita seakan dibombardir dengan berbagai jenis iklan, sehingga sulit mengingat satu demi satu produk yang pernah dilihat. Sebagai pelaku bisnis sangat penting untuk rajin memasang iklan agar audiens tetap mengingat brand Anda.

Pembeda

Begitu banyak produk yang sama namun dengan merek yang berbeda-beda. Di sinilah fungsi iklan, yaitu menampilkan promosi unik sehingga menjadi nilai tambah untuk produk Anda.

Masyarakat biasanya akan lebih mudah mengingat iklan yang anti mainstream.

Transformasi

Fungsi iklan juga sebagai alat untuk mengubah persepsi target konsumen terhadap suatu produk. Inilah yang disebut dengan transformasi. Contohnya, sehari-hari Anda selalu membeli produk dengan merek A.

Kemudian setelah melihat tayangan iklan produk pesaing dengan merek B, akhirnya Anda tertarik untuk mencoba merek tersebut.

Pentingnya Iklan Dalam Bisnis

Tanpa memasang iklan bagaimana orang tahu jika Anda meluncurkan suatu produk dengan merek A. Akhirnya konsumen yang sebenarnya membutuhkan produk atau layanan Anda justru membeli produk kompetitor.

Walaupun sebenarnya mungkin kualitas yang Anda tawarkan lebih bagus dan dengan harga yang lebih bersahabat.

Kesimpulannya, iklan sangat penting dalam perjalanan suatu bisnis, jika tidak mustahil para pemilik bisnis mempraktekkannya bahkan sejak berabad-abad silam.

Yang jelas iklan dapat membantu pelaku bisnis untuk mendapatkan eksposur yang lebih optimal dan selanjutnya menjangkau lebih banyak target konsumen.

Dampaknya tentu pada penjualan yang kian meroket sekaligus brand awareness. Ini maksudnya adalah membangun kesadaran masyarakat akan suatu merek sampai tertanam dalam ingatan mereka. Harapannya konsumen tertarget akan semakin fanatik dengan brand yang diiklankan.

Jenis Iklan

Jenis iklan secara umum terbagi menjadi dua, yaitu iklan media cetak, dan media elektronik. Iklan media cetak berbentuk hard copy, termasuk iklan baris dan kolom, serta dimuat misalnya di koran, majalah, tabloid, brosur, dan sebagainya.

Sementara iklan media elektronik adalah iklan yang dipublikasikan dengan sarana media elektronik seperti televisi, radio, videotron, dan internet. Bentuk iklan demikian ini bisa lebih bervariasi, yaitu audio visual, audio, konten artikel, dan lain-lain.

Lalu manakah yang terbaik

Semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Alangkah baiknya jika Anda bisa menayangkan iklan pada kedua media tersebut demi menjangkau calon konsumen tertarget yang lebih luas.

Jangan ragu berinvestasi dalam iklan berbayar, misalnya iklan produk advertorial yang semakin banyak peminatnya saat ini. Apa itu iklan advertorial.

Advertorial atau advertising editorial adalah metode mempromosikan produk atau layanan dengan model penulisan jurnalistik.

Jadi bentuknya adalah sebagaimana konten artikel biasa namun dengan memuat iklan. Contoh artikel advertorial misalnya tips mix and match busana ke kantor namun menyisipkan promosi suatu fashion brand.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: