Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tonga Alami Kendala Komunikasi Akibat Letusan Gunung Berapi

Tonga Alami Kendala Komunikasi Akibat Letusan Gunung Berapi Kredit Foto: Reuters/CIRA/NOAA
Warta Ekonomi, Melbourne -

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan komunikasi dengan Tonga sulit dilakukan karena letusan gunung berapi bawah laut. Namun, ia memastikan Angkatan Pertahanan Selandia Baru dan Kementerian Luar Negeri bekerja untuk membantu Tonga, terang Radio Selandia Baru (RNZ).

"Kedutaan Selandia Baru di (ibu kota Tonga) Nuku'alofa telah menghubungi pihak berwenang setempat dan penilaian kerusakan sedang berlangsung," katanya, Minggu (16/1/2022).

Baca Juga: Menyusuri Eksotisnya Tonga, Usai Diterjang Tsunami karena Letusan Gunung Berapi

Akibat putusnya saluran telepon dan internet di sebagian Tonga, warga mulai menggunakan media sosial untuk menghubungi orang yang mereka cintai, lapor RNZ.

“Ada laporan yang belum dikonfirmasi bahwa peringatan tsunami di Tonga masih aktif dan perdana menteri Tonga telah memberi wewenang kepada toko roti, pompa bensin, dan toko untuk menyediakan kebutuhan,” kata RNZ.

Pusat Peringatan Tsunami dari Layanan Cuaca Nasional AS telah mengeluarkan peringatan tsunami untuk pantai barat AS dan Kanada setelah letusan gunung berapi menghantam Tonga.

Gunung berapi, yang terletak 65 kilometer (40 mil) utara Nuku'alofa, mulai memuntahkan abu, uap, dan gas pada Jumat pagi.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan