Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank CTBC-Akulaku Finance Kerja Sama Bentuk Channeling Pembiayaan Berbasis Daring

Bank CTBC-Akulaku Finance Kerja Sama Bentuk Channeling Pembiayaan Berbasis Daring Kredit Foto: Bank CTBC
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank CTBC Indonesia (Bank CTBC) dan PT Akulaku Finance Indonesia (Akulaku) resmi menandatangani Nota Kesepakatan Kerjasama (Memorandum of Understanding, MoU) untuk fasilitas pembiayaan. Dengan platform berbasis daring dari Akulaku, masyarakat–mulai perorangan hingga pemilik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)–dapat memperoleh informasi dan pengajuan dana untuk pembiayaan sesuai kebutuhannya secara langsung melalui aplikasi yang tersedia.

Iwan Satawidinata selaku Presiden Direktur PT Bank CTBC Indonesia menyatakan bahwa Akulaku merupakan perusahaan multifinance pertama yang bekerja sama dengan perusahaan sebagai pengelola Pembiayaan Penerusan (Channeling) dalam hal penyediaan fasilitas pembiayaan dan pinjaman berbasis daring untuk Bank CTBC.

Baca Juga: Tembus 135%, Realisasi Pembiayaan Akulaku Finance Lampaui Target di 2021

"Memanfaatkan momentum Presidensi G20 Indonesia 2022, salah satu agenda prioritasnya adalah percepatan inklusi keuangan digital yang berdasarkan pada Financial Inclusion Action Plan (FIAP) G20. Selain itu, pada akhir 2021 lalu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun telah menetapkan Master Plan Sektor Jasa Keuangan Indonesia MPSJKI 2021-2025 di mana salah satu aspek dalam strukturnya adalah dukungan Sektor Jasa Keuangan dengan fokus pada area Akselerasi Transformasi Digital," jelas Iwan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (9/2/2022).

Sejalan dengan kedua program tersebut, terang Iwan, kerja sama strategis dengan Akulaku ini merupakan salah satu milestones Bank CTBC dalam menjawab tantangan perkembangan ekonomi digital sekaligus menunjukkan komitmen dukungannya akan program-program yang diinisiasi Pemerintah dalam hal inklusi pembiayaan digital untuk meningkatkan akses keuangan bagi masyarakat Indonesia secara lebih luas.

Efrinal Sinaga selaku Presiden Direktur PT Akulaku Finance Indonesia menyampaikan bahwa kerja sama dengan Bank CTBC ini lebih dari sekadar bentuk kerja sama dalam upaya perluasaan pangsa pasar nasabah pembiayaan. Namun, juga menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan dari mitra-mitra strategis industri perbankan kepada perusahaan.

"Kesamaan visi serta komitmen Bank CTBC dan Akulaku dalam hal pentingnya mendukung percepatan program-program pemerintah dalan hal digitalisasi inklusi keuangan. Ini yang mendasari kerja sama kami. Pembiayaan bagi nasabah individu mau pun UMKM merupakan salah satu kekuatan utama usaha Akulaku, target yang sama pula dari Bank CTBC," imbuh Efrinal lebih lanjut.

Fungsi intermediasi perbankan makin bertumbuh di pengujung tahun 2021 lalu dan Bank Indonesia (BI) dalam laporannya pada akhir Januari 2022 lalu pun menyebutkan bahwa penyaluran kredit perbankan pada Desember 2021 tercatat sebesar Rp5.755,7 triliun dan diproyeksikan meningkat menjadi 7 persen hingga 9 persen di tahun 2022.

Sejalan dengan BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga menilai adanya indikasi cukup kuat terkait pertumbuhan kinerja kredit industri perbankan dan dengan terus bertumbuhnya perusahaan keuangan dan pembiayaan berbasis teknologi. Dalam hal penyaluran kredit, khususnya dari perbankan, OJK memproyeksikan adanya pertumbuhan pada kisaran 7,5% di 2022. Dengan optimisme pertumbuhan ekonomi dan keuangan di tahun 2022 yang membaik seperti disampaikan oleh BI dan OJK inilah, Bank CTBC dan Akulaku sepakat kerja sama ini akan membuahkan hasil baik bagi para nasabah dan pemangku kepentingan (stakeholders) kedua perusahaan.

Acara penandatanganan MoU ini dihadiri pula oleh Erwin Wiryawan selaku Consumer Lending Group Head PT Bank CTBC Indonesia, Herryson selaku Direktur PT Akulaku Silvrr Indonesia serta jajaran manajemen kedua perusahaan. Menutup acara, disampaikan pula, bahwa Bank CTBC berkomitmen untuk terus mengembangkan inovasi digitalisasi usaha perbankannya.

Hal ini dibuktikan dengan capaian perolehan penghargaan sepanjang tahun 2021 lalu di antaranya di ajang internasional Digital CX Awards 2021 dari The Digital Banker sebagai Highly Acclaimed, Best Technology Implementation for Digital CX bersama dengan fitur Reksa Dana pada Aplikasi Mobile Banking, Bank CTBC sebagai The Excellence in User Experience, Mobile App (Wealth Management).  Dua penghargaan sekaligus juga diraih dari IT Works dalam ajang Top Digital Awards 2021 dalam kategori Top Leader on Digital Implementation 2021 dan Top Digital Implementation 2021 #Level Stars 4.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan