Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: Haier Smart Home, Produsen Peralatan Rumah Tangga di Pasar Global

Kisah Perusahaan Raksasa: Haier Smart Home, Produsen Peralatan Rumah Tangga di Pasar Global Haier Smart Home. | Kredit Foto: Haier
Warta Ekonomi, Jakarta -

Haier Smart Home Company Limited adalah produsen dan distributor peralatan listrik rumah tangga yang merupakan bagian dari Haier Group Corporation. Peralatan rumah tangga yang diciptakan Haier antara lain pengondisi udara (air conditioner), lemari es, pembeku (freezer) dan lainnya. 

Korporasi asal China terdaftar sebagai salah satu perusahaan raksasa Fortune Global 500. Haier membukukan pendapatan sekitar 29,06 miliar dolar AS pada pendapatannya tahun 2020 menurut Fortune, dengan kenaikan sekitar 4,9 persen dari tahun sebelumnya. Sementara laba atau profitnya sekitar 1,18 miliar dolar AS, naik 5,6 persen dari 2019.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Dari Monarki hingga Milik Negara, Sukses La Poste Diraih saat Berdikari

Dikutip Warta Ekonomi dari berbagai sumber, asal-usul Haier bisa dilacak kembali pada pendahulunya yakni Qingdao Haier sekitar 1920-an. Perusahaan ini telah memproduksi lemari es untuk memasok pasar China. Setelah Republik Rakyat China berdiri tahun 1949, pabrik ini kemudian diambil alih dan diubah menjadi perusahaan milik negara (PMN).

Perusahaan tersebut secara resmi menjadi Qingdao Refrigerator Company sejak 1984. Dengan Cina membuka pasar dunia, perusahaan asing mulai mencari kemitraan di China. Salah satunya, perusahaan lemari es Jerman Liebherr menandatangani kontrak usaha patungan dengan Qingdao Refrigerator, menawarkan teknologi dan peralatan kepada mitranya di China. Di Jerman, lemari es diproduksi di bawah jenama Qingdao Liebherr.

Pemasangan peralatan dan teknologi Liebherr disertai dengan proses manajemen kualitas yang baru. Pada 1986, Kulkas Qingdao telah kembali ke profitabilitas dan pertumbuhan penjualan rata-rata 83 persen per tahun. Dengan penjualan hanya 3,5 juta yuan China pada tahun 1984.

Pemerintah kota Qingdao memintanya untuk mengambil alih beberapa pembuat alat yang sakit lainnya di kota itu. Pada tahun 1988, perusahaan mengambil alih Qingdao Electroplating Company (membuat gelombang mikro) dan pada tahun 1991 mengambil alih Qingdao Air Conditioner Plant and Qingdao Freezer dan Freezer Qingdao dan pada tahun 1995, mengambil alih Qingdao Red Star Electronics, yang telah menjadi kasus bisnis terkenal yang disertakan oleh sekolah bisnis Harvard.

Pada 1980-an, pabrik memiliki utang lebih dari 1,4 juta yuan dan menderita infrastruktur yang bobrok, manajemen yang buruk, dan kurangnya kontrol kualitas, akibat sistem ekonomi yang direncanakan dan kebijakan yang relevan.

Produksi telah melambat, jarang melebihi 80 lemari es sebulan, dan pabrik hampir bangkrut. Pemerintah Qingdao mempekerjakan asisten manajer kota muda,

Zhang Ruimin, yang bertanggung jawab atas sejumlah perusahaan peralatan milik kota. Zhang diangkat sebagai direktur pelaksana pabrik pada tahun 1984.

Ketika dia tiba pada tahun 1984, Zhang memutuskan bahwa perbaikan diperlukan untuk kontrol kualitas pabrik.

Pada tahun 1985, seorang pelanggan membawa kulkas yang rusak kembali ke pabrik dan menunjukkannya kepada Zhang. Zhang dan pelanggan kemudian memeriksa seluruh persediaan 400 lemari esnya untuk mencari pengganti. 

Dalam prosesnya ia menemukan bahwa ada tingkat kegagalan 20 persen dalam barang dagangannya. Untuk menekankan pentingnya kualitas produk, Zhang memiliki 76 lemari es tak berguna yang berjejer di lantai pabrik. Dia kemudian membagikan palu godam kepada karyawan dan memerintahkan mereka untuk menghancurkan lemari es. 

Para pekerja ragu-ragu karena biaya lemari es pada saat itu sekitar 2 tahun senilai upah. Melihat kesusahan mereka, Zhang berkata: “Hancurkan mereka! Jika kami menjual 76 lemari es ini, kami akan melanjutkan kesalahan yang membuat perusahaan kami bangkrut.” Kulkas hancur. Salah satu palu yang digunakan dipajang di kantor pusat perusahaan sebagai pengingat bagi anak cucu.

Setelah diversifikasi lini produknya di luar lemari es, perusahaan mengadopsi nama baru pada tahun 1991. Meminjam dari nama Jerman mitranya, "Haier" berasal dari dua suku kata terakhir dari transliterasi Cina Liebherr (diucapkan "Li-bo-hai-eh”).

Qingdao Haier Group disederhanakan lebih lanjut pada tahun 1992 menjadi Haier Group, nama perusahaan saat ini.

Pada tahun 1995 Haier membeli saingan utamanya di Qingdao, Pabrik Peralatan Listrik Bintang Merah. Pada tahun 1997, perusahaan pindah ke manufaktur televisi dengan mengakuisisi Huangshan Electronics Group. Pada akhir 1990-an, Haier menjual banyak produk termasuk ponsel dan komputer, dan memiliki pangsa pasar nasional terbesar di divisi barang putih intinya.

Perusahaan membuka fasilitas produksi di Indonesia pada tahun 1996, serta Filipina dan Malaysia pada tahun 1997. Perusahaan mencoba bersaing di pasar Thailand, tetapi mereka kalah total dari perusahaan elektronik lokal dan harus menghentikan pemasaran di sana. Di AS, ia berfokus pada dua ceruk pasar di lemari es kompak dan gudang anggur listrik.

Haier mulai memproduksi lemari es ukuran penuh untuk pasar Amerika Utara. Ini akan membawanya ke persaingan langsung dengan perusahaan-perusahaan Amerika yang mapan GE, Whirlpool, Frigidaire, dan Maytag.

Sebagai bagian dari strateginya, Haier membangun fasilitas produksi di Amerika Serikat di Camden, Carolina Selatan, dibuka pada tahun 2000. Pada tahun 2002, pendapatan AS mencapai 200 juta dolar, masih kecil dibandingkan dengan pendapatan keseluruhannya sebesar 7 miliar dolar.

Juga pada tahun 2002, Haier pindah ke sebuah gedung di tengah kota Manhattan. Dulunya merupakan kantor pusat Greenwich Savings Bank, gedung seluas 52.000 kaki persegi (4.800 m2) ini dibangun pada tahun 1924 dengan gaya klasik.

Fasilitas produksi dibangun di Pakistan pada tahun 2002 dan Yordania pada tahun 2003. Di Afrika, Haier memiliki pabrik di lima negara: Tunisia, Nigeria, Mesir, Aljazair dan Afrika Selatan. Perusahaan juga membeli sebuah pabrik di Italia, dan mulai menempatkan produknya di rantai ritel Eropa baik di bawah mereknya sendiri atau di bawah perjanjian OEM dengan mitra asing.

Saat ini Haier telah menandatangani perjanjian joint venture dengan pemerintah Venezuela.

Haier Appliances Limited (India) memulai operasi komersialnya pada Januari 2004. Haier Appliances juga terdaftar di antara 20 merek paling tepercaya di India oleh The Brand Trust Report, sebuah studi yang dilakukan oleh Trust Research Advisory.

Pada Juni 2005, Haier mengajukan tawaran untuk mengakuisisi Maytag Corporation, yang didukung oleh dana ekuitas swasta Blackstone Group dan Bain Capital. Tawaran itu sebesar 1,28 miliar dolar AS, atau 16 dolar per saham, melampaui tawaran sebelumnya sebesar 14,26 dolar per saham yang dibuat oleh Ripplewood Holdings.

Namun, pada akhirnya, Maytag dibeli oleh Whirlpool Corporation yang berbasis di Michigan yang menawarkan 1,7 miliar dolar tunai dan saham, atau 21 dolar per saham, ditambah hutang yang diasumsikan.

Haier telah melampaui saingannya Whirlpool, di tahun 2008, sebagai produsen kulkas top dunia dalam hal penjualan, menurut Euromonitor, penyedia intelijen bisnis independen. Haier mengatakan telah menjual 12 juta lemari es di seluruh dunia, naik 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pangsa pasarnya mencapai 6,3 persen secara global.

Pada 2012, Haier Group membeli perusahaan manufaktur alat Selandia Baru Fisher & Paykel.

Pada 2019, Haier Smart Home berada di peringkat 448 dalam daftar 500 Global Fortune dengan pendapatan 27,7 miliar dolar AS.

Haier Group juga terdiri dari dua anak perusahaan yang terdaftar di tiga bursa: Haier Smart Home, Haier Electronics Group, dan daftar "D-share" Haier Smart Home di China Europe International Exchange of Frankfurt.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: