Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pakar: Pemerintah Harus Menyediakan Vaksin Halal

Pakar: Pemerintah Harus Menyediakan Vaksin Halal Kredit Foto: Antara/Rahmad
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pakar Hukum Pidana Universitas Islam Indonesia, Mudzakkir menegaskan bahwa pemerintah harus menjamin kehalalan vaksin, melalui keputusan objektif dan ilmiah, dan melibatkan umat Islam.

Menurutnya, hal ini sebagai adalah konsekuensi yang harus ditanggung oleh pemerintah setelah dikabulkannya permohonan uji materiil oleh Mahkamah Agung.

Baca Juga: Capek Bantah Teori Konspirasi Tentang Vaksin, Bill Gates Sampai Diteriaki di Tengah Jalan!

"Ini konsekeunsinya, pemerintah tidak boleh memaksakan, itu hak fudamental bagi umat islam," katanya kepada wartawan, Selasa (10/5/2022).

Lanjutnya, iamengatakan selagi pemerintah belum menyediakan vaksin halal, maka pemerintah tidak boleh memaksakan agar diberikan vaksin non-halal ke umat Islam. 

Baca Juga: Pemerintah Melanggar Hukum Bila Tak Jalankan Putusan MA soal Vaksin Halal!

"Ini kurang lebih seperti kasus berangkat haji ketika itu. Dimana hari itu diputuskan kondisinya darurat, sehingga mereka yang haji diberangkatkan. Tapi, tahun berikutnya pemerintah dapat vaksin dari Jerman, sehingga itu dibolehkan," terangnya.

Selain itu, ia menegaskan jika vaksin harus halal. "Pemerintah harus mulai memberi jaminan. Karena ini kewajiban pemerintah untuk memenuhinya, kalau tidak maka tidak boleh memaksakan kepada masyarakat khususnya Umat islam."

Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel:

Video Pilihan