Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Erick Thohir Dorong BUMN Harus Menjadi Penggerak Pertumbuhan Ekonomi di Daerah

Erick Thohir Dorong BUMN Harus Menjadi Penggerak Pertumbuhan Ekonomi di Daerah Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan Kementerian BUMN terus menggerakkan perusahaan pelat merah untuk memajukan ekonomi masyarakat di pelosok Indonesia.

Erick meminta semua perseroan memetakan daerah-daerah mana yang memiliki potensi ekonomi yang mumpuni.

"Kita BUMN harus menjadi penggerak pertumbuhan di daerah. Saya meminta semua BUMN memetakan daerah-daerah mana yang punya potensi," ujar Erick dikutip dalam akun instagramnya, Kamis (26/5/2022).

Erick mengatakan, kunci utama Indonesia menjadi negara maju adalah ekonomi yang merata. Menurutnya, dari 17.000 pulau, banyak yang berpotensi mendongkrak ekonomi dalam negeri.

Maka dari itu, pertumbuhan ekonomi di daerah mesti diperhatikan, mengingat setiap daerah Indonesia menyimpan potensi luar biasa masing-masing yang belum dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat dan negara.

"Kunci Indonesia maju adalah ekonomi yang merata. dari 17 ribu pulau, banyak yang berpotensi mendongkrak ekonomi negara,"  ujarnya.

Lanjutnya, Erick menilai kemajuan dan kemakmuran Indonesia didasarkan pada pemimpin yang berkarakter. Oleh karena itu, Erick meminta transformasi BUMN dibarengi pembentukan karakter insannya.

“Transformasi tidak mungkin tanpa pembentukan karakter, kalau menginginkan Indonesia maju tapi juga makmur dan mendunia, harus didasari dengan kepemimpinan yang berkarakter,” ungkapnya.

Menurutnya, kekuasaan tanpa akhlak akan berujung zalim, dimana kekayaan tanpa akhlak akan menjadi kerakusan, kepintaran tanpa akhlak akan menjadi tipu daya.

"BUMN adalah penyumbang dan sepertiga ekonomi di Indonesia, tetapi kalau individunya tidak punya Akhlak yang baik maka tidak akan berhasil,” ujar Erick.

Baca Juga: Muhaimin Iskandar Mau Gabung KIB Asal Jadi Capres, Golkar: Kita Ngopi-ngopi Dulu

Erick mengingatkan, BUMN menjalankan peran ganda sebagai value creator dan agent of development yang berperan sebagai penyeimbang.  Tidak hanya korporasi, namun juga intervensi kemakmuran pembangunan, salah satunya melalui Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang diberikan BUMN.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan