Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

PT KAI Terapkan Metode Pembayaran Cashless untuk Naik LRT Jabodebek

PT KAI Terapkan Metode Pembayaran Cashless untuk Naik LRT Jabodebek Kredit Foto: KAI
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) akan menerapkan sistem pembayaran dengan metode cashless dalam pengoperasian LRT Jabodebek.

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus mengatakan, pelanggan dapat menggunakan Kartu Uang Elektronik Transportasi, Kartu Uang Elektronik Perbankan, dan berbagai jenis Dompet Digital. 

Baca Juga: KAI Pastikan Keamanan dan Keselamatan LRT Jabodebek saat Soft Launching

"KAI akan melakukan integrasi ticketing system secara menyeluruh di mana semua kartu uang elektronik transportasi, kartu uang elektronik perbankan, dan dompet digital yang ada akan dapat digunakan untuk naik LRT Jabodebek," ujar Joni dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (3/6/2022).

Joni mengatakan, saat ini Kartu Uang Elektronik Transportasi yang akan diterapkan, yaitu Kartu Multi Trip (KMT) milik KAI Commuter. KMT dapat digunakan untuk naik angkutan KA pada berbagai layanan KAI Group seperti KRL Jabodetabek, KRL Yogyakarta-Solo, dan KA Bandara Soekarno-Hatta. 

Sejak akhir 2021 pula, KMT juga sudah dapat digunakan untuk naik moda transportasi umum lainnya, yaitu MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan Bus Transjakarta. 

Baca Juga: Transaksi Cashless dan Cardless QRIS Semakin Diandalkan Masyarakat

Jika pelanggan menggunakan kartu uang elektronik, maka alur pembayaran LRT Jabodebek yaitu pelanggan terlebih dahulu melakukan Tap In di stasiun keberangkatan untuk cek validasi kartu dan cek saldo, dan tulis area data perjalanan (waktu, gate id, stasiun id). Setibanya di stasiun tujuan, pelanggan melakukan Tap Out dan saldo kartu uang elektroniknya otomatis terpotong. 

Adapun, jika pelanggan membayar dengan dompet digital, pelanggan melakukan Tap In untuk cek validasi QR pembayaran, cek saldo, potong saldo untuk tarif terjauh, dan tulis area data perjalanan (waktu, gate id, stasiun id). Setibanya di stasiun tujuan, pelanggan melakukan Tap Out untuk membaca QR dan saldo akan dikembalikan jika terdapat selisih.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: