Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengusaha Berharap PM Australia Majukan Kerja Sama Ekonomi dengan Indonesia

Pengusaha Berharap PM Australia Majukan Kerja Sama Ekonomi dengan Indonesia Kredit Foto: Reuters/Jason Lee
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pelaku usaha sangat antusias dengan kunjungan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese ke Indonesia sebagai negara pertama yang dikunjunginya setelah dilantik.

Kunjungan ini pun diharapkan dapat memajukan hubungan bilateral dan kerja sama ekonomi kedua negara.

"Meskipun kunjungan bilateral ini mencakup berbagai mata agenda mulai dari politik keamanan hingga ekonomi, ini memberikan sinyal yang sangat positif dan encouraging bagi pelaku usaha Indonesia," kata  Wakil Ketua Umum Kadin Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Shinta W Kamdani di Jakarta, kemarin.

Shinta menambahkan sinyal positif itu tidak hanya terhadap potensi peningkatan hubungan ekonomi bilateral kedua negara, tetapi juga terhadap stabilitas pemulihan ekonomi dan peningkatan pertumbuhan nasional pascapandemi melalui penciptaan berbagai kerja sama baru dan pemanfaatan Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA)

Dalam dua tahun sejak berlakunya IA-CEPA pada Juli 2020, total nilai perdagangan Indonesia-Australia mengalami peningkatan yang pesat dari US$7,8 juta pada 2019 menjadi US$12,6 juta pada 2021. 

Namun bila dilihat, arus perdagangannya, peningkatan impor Indonesia terhadap produk Australia jauh lebih besar dibandingkan peningkatan ekspor Indonesia ke Australia.

Baca Juga: Emiten Sawit Ini Menebar Dividen Segede Rp847 Miliar

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, impor Indonesia dari Australia meningkat sebesar 70,8% dari US$5,5 juta pada 2019 menjadi US$9,4 juta pada 2021. Sementara ekspor Indonesia ke Australia pada saat yang sama meningkat sebesar 34,8 persen, dari US$2,3 juta pada 2019 menjadi US$3,2 juta pada 2021. 

Baca Juga: OJK Bakal Evaluasi Semua Produk Saving Plan di Industri Asuransi

Baca Juga: Pendukungnya Sebut Anies Kerap Diserang Isu Hoaks, Waketum Partai Garuda Sentil: Jika Tidak Mampu Menari, Jangan Salahkan Lantainya

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: