Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cegah Kejahatan Digital dengan Memaksimalkan Fitur Keamanan

Cegah Kejahatan Digital dengan Memaksimalkan Fitur Keamanan Kredit Foto: Unsplash/Corinne Kutz
Warta Ekonomi, Jakarta -

Data We Are Social dan HootSuite per Februari 2022 menyebutkan, di Indonesia kini terdapat 204,7 juta pengguna internet yang setara dengan 73,7% dari populasi penduduk Indonesia. Angka tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya yakni 2,1 juta atau naik 1%. 

Masifnya penggunaan internet membawa dampak positif yakni memberikan kemudahan manusia setiap aspek dalam kehidupan sehari-hari. Seperti dalam mendapatkan informasi hingga transaksi keuangan. Namun dampak negatifnya juga perlu diwaspadai, seperti ancaman kejahatan cyber dan berbagai tindakan penipuan digital. Pengetahuan akan keamanan sangat perlu menjadi perhatian warga digital. 

Baca Juga: Memasuki Industri 5.0 Masyarakat Dituntut Lebih Menguasai Digital Skills

"Tidak hanya untuk mengamankan perangkat saja, tapi juga melindungi data pribadi yang bersifat rahasia," kata Founder - Komisaris Lenere Business Suites, Eko Prasetyo memberikan tips aman bermedia digital saat saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (2/7/2022), dalam keterangan tertulis yang diterima.

Lebih lanjut, dia mengatakan untuk memastikan keamanan perangkat yakni gawai dan akun media sosial serta aplikasi perpesanan. Di antaranya dengan tidak memberikan informasi password dan menggunakan password yang kuat. Untuk lebih terlindungi, aktifkan juga 2 Factor Authentification (2FA) yang memberikan izin akses saat akan masuk akun email maupun media sosial. 

Selanjutnya, jaga data pribadi tetap aman dan jangan bagikan dengan siapa pun termasuk di media sosial. Selalu waspada akan tautan tak dikenal karena merupakan bagian ancaman kejahatan cyber berupa pishing. Jangan buka file atau tautan yang tidak dikenal yang dikirim dari email, aplikasi chatting dan media sosial. Hindari merespons panggilan telepon dan pesan yang ujungnya meminta data pribadi atau password.

Baca Juga: Etika Digital, Tetap Jaga Sopan dan Santun di Media Sosial

Saat bermedia sosial, kenali dengan seksama dengan siapa Anda berkomunikasi di internet. Hati-hati juga saat belanja online. Pastikan penjual terpercaya dan belanja dari tempat terpercaya. Gunakan anti virus khususnya di perangkat komputer.

"Pastikan orang-orang disekitar kita seperti keluarga atau karyawan juga memiliki pemahaman yang sama," katanya lagi. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: