Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Waspada Penipuan di Dunia Maya

Waspada Penipuan di Dunia Maya Kredit Foto: Reuters/Kacper Pempel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Penipuan di dunia maya semakin marak terjadi dengan perkembangan digital yang semakin masif saat ini. Berdasarkan penelitian, pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan. We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 204,7 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. 

"Telah terjadi perubahan besar dari sistem analog menjadi digital di mana penyebaran informasi berkembang dan berubah. Media konvensional yang dulu hebatnya ketika muncul digitalisasi mengalami perubahan kekuatannya," ujar Dekan Fikom Unitomo, Harliantara saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di Wilayah Trenggalek, Jawa Timur pada Sabtu (16/7/2022), dalam keterangan tertulis yang diterima. 

Baca Juga: Bahaya Jejak Digital Bisa Membahayakan Karier

Lebih jauh dia mengatakan, kecakapan digital kita bukan hanya di personal space tapi juga di public space. Karena itu, pilar keamanan dan pilar etika menjadi penting ketika interaksi di dunia digital.

Selain itu, perubahan aspek kehidupan ke arah digital tak terlepas dari dampak negatifnya seperti maraknya kasus penipuan di dunia maya sehingga pengguna media digital pun perlu memahami bagaimana melindungi diri di ranah digital, seperti saat berbelanja online, menggunakan email, dan mengakses media sosial. 

Baca Juga: Walau Akrab Sekali Sama Internet, Kesopanan Netizen Indonesia di Dunia Digital Masih Jadi Perdebatan

Pengguna perlu mengetahui jenis penipuan online yang paling populer dan teknik yang digunakan penjahat cyber untuk mendapatkan informasi pribadi dan data finansial kita. Target dari kejahatan cyber yakni untuk mengambil uang dan pelaku akan menempuhnya dengan segala cara. 

Perhatikan penggunaan aplikasi seperti email berisi phissing yang memberikan tautan link padahal ingin mencuri data pribadi. Termasuk penipuan pinjaman dari bank hingga penipuan dengan modus kencan online

Baca Juga: Tokoh NU Masih Geram Rasamala Aritonang jadi Pengacara Sambo dan Istri: Banyak Cakap Kau, Bikin Geram Orang Batak Saja Kau!

Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: