Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

BKKBN Sebut Indonesia Kebanjiran Usia Lansia di 2035, Ini Langkah Yang Dipersiapkan

BKKBN Sebut Indonesia Kebanjiran Usia Lansia di 2035, Ini Langkah Yang Dipersiapkan Kredit Foto: BKKBN
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo memaparkan bahwa pada tahun 2035 Indonesia akan kebanjiran usia-usia lansia. Hal tersebut dia katakan berdasarkan tingkat harapan hidup di Indonesia yang menunjukkan angka tinggi.

"Majunya pelayanan kesehatan kemudian juga karena angka harapan hidup kemudian menjadi lebih tinggi sehingga kita akan menjadi lansia yang panjang umur," kata Hasto dalam sambutannya pada Wisuda Sekolah Lansia dan Pre Launching Buku Gerontologi, Kamis (18/7/22).

Baca Juga: Visi Indonesia Emas Tahun 2045, Mahfud MD Kawal Program Strategis BKKBN Turunkan Stunting

Kendati demikian, Hasto mengajak masyarakat untuk tidak terlena pada generasi-generasi lansia. Hal tersebut dilakukan untuk mengawal suksesnya Indonesia Emas pada tahun 2045.

Dia juga menyebut bahwa masyarakat Indonesia, baik yang berusia lansia maupun muda, mesti tetap dalam kondisi yang produktif. Untuk menunjang masa produktif para lansia, lanjut Hasto, pihaknya bersama Universitas Respati Indonesia membentuk sekolah lansia untuk memberdayakan pada masyarakat berusia lanjut.

Hal tersebut dilakukan, kata Hasto, untuk mengurangi beban pada generasi produktif di tahun-tahun Indonesia Emas nanti. Selain itu, Hasto menilai bahwa sekolah lansia bisa menjadi support system yang baik untuk mendidik cucu dari anak-anaknya.

Selain itu, Hasto juga meyakini bahwa masyarakat berusia lanjut yang menjalani sekolah lansia bisa mendukung kemampuan ekonomi keluarga. Dia juga mengatakan bahwa peran lansia dalam keluarga memiliki peran penting dalam memastikan kesuksesan Indonesia Emas di tahun 2045.

"Bagi mereka yang punya kemampuan ekonomi, kemudian dia punya kesadaran untuk berinvestasi bagi generasi berikutnya dan dia meninggalkan suatu sistem kehidupan yang lebih baik secara ekonomi kepada anak cucunya maka akan betul-betul mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang baik," jelas Hasto.

Lebih lanjut, Hasto mengatakan berharap agar Sekolah Lansia bisa terus diwujudkan di wilayah-wilayah lainnya. Dia juga menilai, program tersebut juga disambut baik oleh para lansia.

Baca Juga: Isu LGBT Nyelip di Kasus Ferdy Sambo dan Brigadir J, Polri: Mohon Bersabar...

"Saya berharap di masa-masa yang akan datang ada Universitas harus pasti ya yang ada di beberapa wilayah seperti di Yogjakarta mungkin juga untuk tempat-tempat lain bisa segera mengikuti," jelasnya.

Baca Juga: PDIP dan PSI Terancam Menjadi Oposisi Usai Pilpres 2024, Banyak Partai Bakal Berkoalisi Dukung Anies, Kok Bisa?

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: