Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mengenal Aksesbilitas dan Jenis Fitur Marketplace

Mengenal Aksesbilitas dan Jenis Fitur Marketplace Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Transformasi digital dan digitalisasi telah memberikan perubahan besar pada kultur masyarakat. Dalam berkomunikasi, bekerja, belajar, dan transaksi keuangan semua lebih mudah dengan bantuan teknologi. Termasuk berbelanja yang kini sudah lumrah dilakukan melalui lokapasar atau marketplace

Mengenai lokapasar, sebenarnya di era digital juga terinspirasi dengan kebiasaan berbelanja masyarakat dengan harus datang ke sebuah pasar atau mall yang umumnya ramai karena berisi pengunjung lainnya. Kini jenis pasar tersebut di era digital telah berubah menjadi marketplace yang isinya beragam toko dan penjual dengan aneka jenis jualan. Marketplace di era digital memiliki sistem yang memungkinkan penjual dan pembeli bertransaksi secara aman. 

Baca Juga: Mudah Cuan Era Digital, Simak Kiat Sukses di Marketplace Ini!

Aksesbilitas marketplace sangat memudahkan penjual maupun pembeli. Biasanya transaksi tidak dibatasi waktu bisa 24 jam sehari, terdapat pilihan pengiriman barang, jangkauan lebih luas, dan tidak perlu keluar rumah. Bagi penjual, marketplace sangat fleksibel pemilihan tempat usaha, transaksi, dan metode pembayaran. Lalu tidak perlu modal besar, dan menjadi pilihan untuk meningkatkan penghasilan. 

"Pengetahuan dan keahlian kita mengenai jenis dan fitur akan memudahkan kita memilih lokapasar yang sesuai dengan keinginan," kata Digital Marketing Anthusias dan Dosen Universitas Muhammadiyah Jember, Ulya Anisatur saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Selasa (16/8/2022), dalam keterangan tertulis yang diterima.

Selain itu, pengguna juga perlu mengetahui perbedaan marketplace dengan online shop dan e-commerce, meski terlihat sama namun sangat berbeda online shop menjual kebutuhan sendiri dari pemilik toko dan biasanya melalui sosial media. Sementara marketplace merupakan platform digital yang berisi berbagai produk dan penjual. Kemudian e-commerce hanya menjual barang pribadi dapat transaksi ke rekening penjual secara langsung tetapi melalui beberapa proses pembayaran dan transaksi penjual pembeli melalui fitur kirim pesan. 

Khusus untuk jenis pembayaran transaksi di marketplace biasanya dapat melalui mobile banking, GoPay, ShopeePay, COD (Cash on Delivery) dan juga bisa dilakukan melalui pihak ketiga seperti di Indomaret atau Alfamart. Kemudahan ini bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pembeli yang memiliki ragam kebiasaan. 

Baca Juga: Langkah Aman Tak Keliru Berbelanja di Marketplace

Merespons perkembangan Teknologi Informasi Komputer (TIK), Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Blitar, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya antara lain Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning, Andry Hamida, Sekretaris RTIK Kabupaten Blitar, Nuriyan Dwi Saputri, serta mengundang seorang Digital Marketing Anthusias dan Dosen Universitas Muhammadiyah Jember, Ulya Anisatur. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.iddan cari tahu lewat akun instagram @Siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Baca Juga: Hasil Survei CSIS Naikkan Elektabilitas Anies, Rocky Gerung Heran: Kita Tahu Dia Tidak Punya Uang, Nggak Mungkin Beli Surveyor

Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: