Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Swasembada Pangan Jadi Sejarah Baru Indonesia, FAO: Saya Bangga!

Swasembada Pangan Jadi Sejarah Baru Indonesia, FAO: Saya Bangga! Kredit Foto: Kementan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Jenderal Food and Organization (FAO), Qu Dongyu, menyoroti keberhasilan Indonesia dalam mengatasi potensi krisis pangan global. Menurutnya, dunia saat ini dihadapkan tantangan yang berat, tetapi Indonesia berhasil menghadapinya. 

"Kalian sudah membuat sejarah. Upaya yang dilakukan dalam penyediaan pangan tidaklah mudah. Mengingat kita semua menghadapi pandemi Covid-19 dan juga tantangan perubahan iklim. Tapi sekarang kalian punya stok beras yang cukup untuk seluruh masyarakat Indonesia," ujar Qu dalam konferensi persnya di Hotel Intercontinental Jimbaran, Bali, Selasa, (27/9/2022).

Baca Juga: Swasembada Pangan Saat Pandemi Covid, Jokowi dan Mentan SYL Dinilai Berhasil Ciptakan Sejarah!

Menurut Qu, Indonesia saat ini tak hanya sebatas memenuhi kebutuhan stok beras masyarakat, tapi juga sudah mulai berupaya menyediakan stok pangan bagi negara lain. Dia menilai keberhasilan tersebut tidak terlepas dari keberpihakan pemerintah terhadap sektor pertanian. 

"Saya ucapkan selamat kepada Presiden RI dan Menteri Pertanian atas kepemimpinannya dan dukungan yang kuat untuk sektor pertanian Indonesia. Saya bangga kepada negara ini dan pemimpin kalian," ujarnya. 

Baca Juga: Tak Terima Disebut Akal-akalan Swasembada Beras, IRRI Bantah Tuduhan Sudin DPR

Qu memaparkan, FAO juga berencana untuk meningkatkan kerja sama dengan Indonesia. Menurutnya, Indonesia adalah negara yang sangat strategis dan memiliki peranan penting di level global. Dia mengharapkan Indonesia bisa semakin intensif dalam menerapkan teknologi dan investasi baru untuk sektor pertanian.  

"Indonesia adalah negara tropis terbesar. Banyak negara yang ingin menikmati produk pertanian tropis sehingga kerja sama dengan Indonesia memiliki nilai penting bagi banyak negara," ucap Qu. 

Baca Juga: Waduh! Berniat Usulkan Ganjar, Politikus PDIP Ini Minta PAN Berhati-hati

Baca Juga: Pendukungnya Sebut Anies Kerap Diserang Isu Hoaks, Waketum Partai Garuda Sentil: Jika Tidak Mampu Menari, Jangan Salahkan Lantainya

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: