Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perbaikan Ekspor, Neraca Dagang Oktober Surplus US$ 5,67 Miliar

Perbaikan Ekspor, Neraca Dagang Oktober Surplus US$ 5,67 Miliar Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kinerja ekspor Indonesia kembali menguat. Neraca perdagangan Indonesia pun mencetak surplus pada Oktober 2022. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat surplus neraca perdagangan barang Indonesia pada bulan tersebut sebesar US$5,67 miliar. 

Angka ini lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang surplus sebesar US$4,99 miliar. Dengan kondisi ini, berarti neraca perdagangan secara kumulatif dari Januari hingga Oktober 2022, mencatat total surplus sebesar US$45,52 miliar. 

“Neraca perdagangan sampai Oktober ini membukukan surplus selama 30 bulan berturut-turut. Surplus neraca perdagangan ditopang oleh surplus neraca komoditas non migas tercatat surplus US$7,66 miliar ,”Kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (15/11).

Baca Juga: Ekspor Migas Ungkit Kinerja Ekspor Nasional Naik 0,13%

Surplus dagang tersebut diperoleh dari nilai ekspor barang pada Oktober 2022 tercatat US$24,81 miliar. Nilainya naik 0,13% dibanding bulan pada sebelumnya serta meningkat 12,30% dibanding periode yang sama tahun lalu.

“Secara bulanan seluruh sektor mengalami kenaikan ekspor kecuali untuk pertambangan yang mengalami penurunan,” tambah Setianto. Sementara nilai impor Indonesia pada Oktober lalu tercatat US$ 19,14 miliar, turun 3,40% mom dan naik 17,44% yoy.

Baca Juga: Said Didu Tegaskan Ada 10 Agenda yang Harus Dilakukan Anies Baswedan Jika Terpilih Jadi Presiden 2024

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: