Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu User-Generated Content?

Apa Itu User-Generated Content? Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Warta Ekonomi, Jakarta -

User-generated content (UGC) atau konten buatan pengguna adalah segala bentuk konten yang dibuat dan dibagikan oleh pengguna berdasarkan pengalaman, pendapat, ide, atau umpan balik mereka. Platform digital, terutama media sosial, adalah pusat konten yang dibuat pengguna.

Dalam hal pemasaran, UGC menjadi konten yang relevan dengan merek, bisa berupa ulasan online, foto produk, umpan balik pelanggan, video produk, dan lain sebagainya.

Karena didorong oleh pengalaman dan jujur, UGC dikenal sebagai bentuk konten yang paling andal, tepercaya, dan otentik dibandingkan dengan konten pemasaran yang dibuat oleh brand itu sendiri. Fitur-fitur ini membuat pemasar mendambakan konten buatan pengguna yang berharga ini.

Sekarang hampir setiap orang memiliki kekuatan untuk membuat konten berkualitas. Orang-orang membuat konten mereka sendiri sepanjang waktu dan membagikannya dengan orang lain secara online.

Baca Juga: Apa Itu Marketing Campaign?

Sebagai contoh:

Anda melakukan perjalanan akhir pekan dan menginap di hotel yang bagus. Anda memposting beberapa foto saat menginap di sana ke teman Facebook dan pengikut Instagram Anda, memberi tag dan memberi geotag (lokasi) pada hotel untuk menunjukkan betapa kerennya tempat itu.

Foto itu adalah user-generated content (UGC) atau konten buatan pengguna.

Sekarang, katakanlah hotel ini menemukan konten Anda di media sosial, menghubungi Anda dan menanyakan apakah mereka dapat membagikan foto Anda di saluran perusahaan mereka.

Itu adalah brand yang memanfaatkan konten buatan pengguna sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka.

Oleh karena itu, konten buatan pengguna penting untuk pemasaran yang sukses, mengutip SocialPilot di Jakarta, Kamis (24/11/22) berikut ulasannya:

1. Jangkauan dan Eksposur Luas

Tujuan pertama dari strategi pemasaran adalah untuk menjangkau audiens yang besar dengan eksposur yang sangat besar untuk meningkatkan peluang keterlibatan dan konversi.

Keterlibatan pengguna dalam kampanye dapat membantu merek mencapai tujuan ini dengan cepat dan efektif. Saat Anda membuat kampanye dengan tagar merek khusus Anda, Anda dapat mendorong pengguna untuk membagikan pandangan dan pendapat mereka menggunakan tagar di platform sosial.

Ketika pengguna melakukannya, ini memperkuat jangkauan dan paparan kampanye pemasaran Anda ke audiens yang lebih luas tanpa batasan pada aspek demografi atau geografis.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: