Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

SKK Migas Sebut Blok Andaman Berpotensi Lewati Potensi Abadi Masela

SKK Migas Sebut Blok Andaman Berpotensi Lewati Potensi Abadi Masela Kredit Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengatakan potensi cadangan minyak dan gas (Migas) Wilayah Kerja (WK) Andaman dapat melampaui potensi WK Abadi Masela.

"Prospesknya (Andaman) adalah another giant in the history yang bisa sebesar Abadi Masela dan kita menjadi senang akan temuan itu karena potensinya menghidupkan kembali LNG arun untuk dimanfaatkan," ujar Dwi dikutip dari laman YouTube SKK Migas, Jumat (25/11/2022). 

Dwi mengatakan yang sekarang di prospek dari Blok Andaman 2 saja terhitung sekitar 7,5 triliun kaki kubik (trillion cubic feet/TFC), sedangkan prospek dari Abadi Masela berada di angka 16 TCF.

Baca Juga: Gas Dapat Menjadi Energi Transisi Menuju NZE 

"Jadi Andaman 3 dan1 sekarang sedang dilakukan eksplorasi, jadi nanti kalau bisa masing-masing bisa sekitar 18 TCF, kita perkirakan sama besarnya dengan Abadi Masela," ujarnya. 

Sebagaimana diketahui, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Premier Oil (A Harbour Energy Company) mulai pengeboran sumur eksplorasi Timpan-1 pada 10 Mei 2022 lalu. Sumur tersebut berada di lepas pantai Wilayah Kerja (WK) atau Blok Andaman II, 150 km sebelah utara Kota Lhokseumawe.

Dwi mengatakan, saat ini perusahaan tersebut sedang melakukan pengeboran untuk menghitung volume karena di situ nanti akan terkait bagaimana plant of development-nya (POD). 

"Seberapa besar fasilitas yang akan dibangun kapasitasnya termasuk pipa untuk menuju arun dan setelah itu mereka akan sampaikan POD-nya dan kita saat ini diperkirakan pada 2029," Uujarnya.

Baca Juga: Buzzer Pemerintah Makin Sakit Hati Aja Nih, Elektabilitas NasDem Malah Terdongkrang Setelah Usung Anies Baswedan Capres 2024

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: