Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cara Membuat Konsumen Repeat Order di Bisnis Kuliner Kamu, Ada Hal Sepele yang Bisa Kamu Lakukan Tapi Berkesan Lho!

Cara Membuat Konsumen Repeat Order di Bisnis Kuliner Kamu, Ada Hal Sepele yang Bisa Kamu Lakukan Tapi Berkesan Lho! Kredit Foto: Unsplash/Mae Mu
Warta Ekonomi, Jakarta -

Memiliki konsumen setia adalah keinginan semua pemilik bisnis. Selain karena menjadi sumber cuan, konsumen setia yang repeat order juga menandakan bahwa produk bisnis kuliner kamu memiliki rasa yang enak dan menjanjikan.

Nah, daripada pusing-pusing, berikut cara membuat konsumen repeat order dari YouTube Foodizz Channel!

1. Bangkitkan memori dan kenangan

Konsumen terbagi menjadi 4; yang pertama sering datang, yang kedua jarang datang, yang ketiga sudah lama tidak datang, dan yang keempat tidak pernah datang lagi.

Jadi, fokuskan ke konsumen No. 2 hingga No. 4 untuk membangkitkan memori mereka tentang brand kita. Caranya bisa dengan rutin ngonten di sosmed atau menghubungi lewat WhatsApp blast.

Bangkitkan memori mereka untuk membeli brand kita lagi. Tapi ingat, simpan selalu database pelanggan ya!

Baca Juga: Cara Menghadapi Resesi dan Inflasi di Bisnis Kuliner, Simak 16 Hal Ini!

2. Penawaran yang Sulit Diabaikan atau Ditolak

Untuk pelanggan yang loyal, tawarkan penawaran yang sulit diabaikan atau ditolak, seperti diskon membership atau diskon hingga 50% untuk pelanggan yang loyal jika datang bersama keluarga yang menerima pesan khusus dari brand kamu.

Program ini harus dikerjakan khusus untuk mereka yang setia, sehingga mereka merasakan mendapatkan privilege spesial.

3. Kehangatan dan Keramahan

Mungkin produk kita bukan yang terenak, atau termurah atau terbaik. Tetapi dengan kehangatan dan keramahan akan membuat pelanggan merasa nyaman untuk kembali membeli brand kita.

4. Berikan privilege untuk konsumen

Contohnya jika kamu ingin mengeluarkan menu baru, jadikan konsumen sebagai tamu spesial yang mencicipi menu ini. Hal ini akan mendorong konsumen untuk membuat konten terkait menu spesial kita.

5. Kirim kejutan tak terduga

Jika memiliki database pelanggan setia, kamu bisa lho mengirimkan kejutan tak terduga untuk mereka agar brand kita membekas diingatan mereka dan mereka semakin setia.

6. Produk spesial khusus konsumen loyal

Kita juga bisa lho menciptakan produk spesial yang diciptakan khusus untuk konsumen loyal. Bisa juga dengan memberikan diskon khusus kepada konsumen yang loyal. Misal dessert gratis untuk konsumen loyal.

Mungkin terlihat sepele, tetapi ini bisa menjadi kebanggaan mereka untuk mengajak teman-temannya datang.

7. Berikan merchandise

Berikan merchandise brand yang bagus, sering dilihat dan sudah pasti terpakai untuk konsumen, misalnya tumblr minuman atau kalender.

8. Program order kembali

Program order kembali seperti cap setiap kali habis membeli dapat membuat pelanggan kembali untuk memenuhi cap tersebut. Bisa juga cap tersebut diberikan ke teman atau keluarga untuk dilanjutkan agar kita tetap mendapatkan konsumen loyal.

9. Komunitas pelanggan

Komunitas pelanggan bisa menggaet konsumen lho. Misalnya kamu punya coffeeshop yang menggaet pencinta KPOP. Buatlah event khusus yang membuat mereka datang, seperti nobar KDrama atau update hal seputar KPOP.

10. Sistem Subscribe

Sistem subscribe dikerjakan dengan memberikan diskon besar jika melakukan paket pembelian tertentu. Ini akan membuat pelanggan merasa diuntungkan dan akan kembali membeli brand kita.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: