Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cara Memiliki Karyawan Andal di Perusahaan, Bisa Bikin Bisnis Makin Sukses Menjulang

Cara Memiliki Karyawan Andal di Perusahaan, Bisa Bikin Bisnis Makin Sukses Menjulang Karyawan | Kredit Foto: Unsplash/UX Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Memiliki karyawan yang handal adalah keinginan semua perusahaan agar bisnis dapat terus tumbuh dan berkembang. Namun, memiliki karyawan yang kompeten pastinya tidak mudah, diperlukan skrining secara menyeluruh hingga memotivasi karyawan yang sudah ada.

Oleh karena itu, mengutip YouTube Foodizz Channel, berikut cara membuat karyawan handal!

1. Tetapkan target pekerjaan dan spesifikasi karyawan

Identifikasi goals atau target pekerjaan dengan memiliki karyawan di suatu bidang tertentu. Dari goals tersebut, buat kualifikasi kemampuan teknis dan non teknis yang dibutuhkan agar target dapat tercapai. Dengan demikian, kita dapat mengukur kemampuan karyawan. Karyawan yang bekerja dengan baik dapat memenuhi itu sehingga membantu perusahaan untuk berkembang.

Baca Juga: Cara Mempertahankan Karyawan Agar Loyal dan Tak Resign

2. Training berkelanjutan

Salah satu hal yang membuat karyawan sering gagal dalam pekerjaannya yakni karena mereka melakukan pekerjaan yang belum dikuasai ilmunya. Karena itu, memberikan pekerjaan tanpa training terlebih dahulu memiliki risiko yang besar. Dari segi perusahaan, akan kehilangan waktu, peluang dan uang yang banyak. Sementara dari segi karyawan, jika mereka sering gagal dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri hingga depresi. Ini dapat membuat kita kehilangan potensi aset masa depan karena karyawan terlanjur stress dan demotivasi.

3. Sistem kerja yang jelas

Memiliki sistem kerja yang jelas dapat menjadi panduan kerja yang memudahkan setiap karyawan  Sistem kerja juga harus dipahami agar karyawan tahu tujuan perusahaan. Mereka juga harus tahu peran masing-masing untuk mencapai tujuan tersebut dan bagaimana cara bersinergi dengan tim yang lain.

4. Berikan evaluasi dan feedback

Setiap pekerjaan memerlukan penilaian apakah pekerjaannya sesuai atau tidak. Dari hasil performa yang didapatkan, kita harus analisis penyebabnya, terlebih jika ada sesuatu yang tak tercapai. Namun, jika melebihi target, ini harus dijadikan pedoman agar ditiru karyawan lainnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: