Menu bundling adalah saat sebuah bisnis restoran atau kuliner membuat paket menu makanan untuk konsumen. Padahal, kelebihan dari item menu bundling adalah pebisnis mengontrol poin harga dan opsi, dan konsumen mendapatkan banyak hal dari makanan yang luar biasa.
Selain itu, menawarkan paket makanan dapat memberi insentif kepada tamu untuk membeli lebih dari satu item, yang berarti Anda dapat meningkatkan keuntungan.
Restoran cepat saji telah melakukannya selama bertahun-tahun, seperti membeli burger, kentang goreng, dan minuman secara keseluruhan lebih murah daripada membeli semua item secara terpisah. Dan mereka akan membiarkan Anda mengganti kentang goreng dengan salad dengan harga beberapa sen lebih. Sederhananya, ini menarik keinginan universal untuk menghemat uang. Dan ini bisa membawa lebih banyak uang ke restoran Anda.
Baca Juga: Apa Itu Aset Tetap?
Saat Anda menggabungkan item menu bersama, Anda dapat mendorong orang untuk memesan lebih banyak, meningkatkan penjualan, dan juga memberi pelanggan lebih banyak dari apa yang mereka inginkan, singkatnya, semua orang menang.
Cara lain bundling bekerja untuk Anda adalah membuatnya lebih mudah untuk menyiapkan makanan. Misalnya, pebisnis mengetahui bahwa jika menawarkan makanan spesial, yang terdiri dari burger, kentang goreng, dan hidangan penutup, itulah yang akan dipesan kebanyakan orang. Kemudian, pastinya mereka ingin minum sambil makan, dan Anda tahu bahwa minuman adalah item keuntungan tertinggi Anda.
Itu juga akan memudahkan staf dapur Anda. Mereka dapat mempersiapkan terlebih dahulu untuk memungkinkan makanan yang dibundel.
Tentu saja, strategi itu penting. Menawarkan bundel tidak akan meningkatkan keuntungan jika Anda menurunkan harga tanpa mengharapkan imbalan. Biasanya, menawarkan bundel berarti mengharapkan lebih banyak traffic, dan mendapatkan pesanan yang lebih besar.
Ingatlah barang-barang yang menguntungkan. Kentang goreng pada dasarnya tidak memerlukan biaya apa pun untuk diproduksi, dan menghasilkan banyak uang untuk Anda. Item dengan margin tinggi idealnya dijauhkan dari penawaran makanan Anda, jadi jangan membuat paket makanan dari makanan laut atau sayuran di luar musim.
Terakhir, pastikan Anda memiliki strategi. Kapan ingin mempromosikan paket makanan itu? Apakah ingin meningkatkan traffic di middle week, atau benar-benar meningkatkan penjualan akhir pekan? Pikirkan tentang lalu lintas yang ingin Anda tarik, dan lanjutkan sesuai dengan itu.
Cara terbaik untuk membuat bundling makanan berfungsi adalah memberi pelanggan Anda perasaan bahwa Anda memberi mereka nilai nyata, tanpa mengorbankan margin keuntungan Anda. Pastikan item dalam bundel Anda menarik, dan Anda akan mendapatkan pelanggan sambil memaksimalkan keuntungan.
Konsep bundel menu pada dasarnya sederhana: tawarkan dua atau lebih item menu individual sebagai satu paket dengan sedikit diskon.
Beberapa restoran mungkin menawarkan salad, hidangan utama, dan hidangan penutup. Orang lain mungkin memasukkan minuman ke dalam campuran. Pikirkan tentang menu Anda saat ini, item apa yang menjadi favorit pelanggan Anda dan buat strategi untuk merancang paket Anda.
Pertama, saat Anda menawarkan barang-barang yang dibundel, Anda membuatnya lebih mudah untuk menyiapkan makanan. Anda tahu bahwa pada setiap hari Jumat ketika Anda menawarkan paket makanan yang terdiri dari burger, kentang goreng, dan bir, itulah yang akan dipesan kebanyakan orang. Itu membuat dapur bisnis Anda jauh lebih mudah.
Kedua, metode bundling menguntungkan bagi Anda karena Anda menyatukan item menu dan menjualnya dengan sedikit diskon. Ini mungkin tidak tampak menguntungkan bagi Anda, tetapi hal itu terjadi karena pelanggan benar-benar membelanjakan lebih banyak uang daripada biasanya dan lebih banyak uang secara keseluruhan.
Meskipun Anda ingin menarik pelanggan baru, berhati-hatilah untuk tidak terlalu mendiskon penawaran makanan Anda. Terlalu banyak potongan harga dapat membuat Anda terlihat seperti restoran "murah", yang pada gilirannya dapat mendorong pelanggan untuk hanya memilih barang dengan harga terendah. Seimbangkan antara nilai dan substansi.
Kemudian, saat Anda mulai memikirkan item apa yang akan dibundel untuk membuat penawaran yang menarik bagi pelanggan, pikirkan strategi penetapan harga pada saat yang bersamaan. Buat bundel Anda tetap sederhana, namun jangan ragu untuk menambahkan item menu yang mungkin tidak dipesan oleh pelanggan Anda. Ini mendorong mereka untuk mencoba sesuatu yang baru, dan tentu saja, memesan lebih banyak makanan.
Pelanggan juga menang dengan kesepakatan makan. Mereka dapat menikmati lebih banyak makanan dan mungkin mencicipi sesuatu yang baru karena Anda menggabungkan barang-barang pelengkap menjadi satu. Selain itu, mereka mendapatkan barang yang dibundel dengan harga kurang dari yang seharusnya mereka bayarkan jika mereka memesannya satu per satu.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait:
Advertisement