Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

10th Edition JNE Content Competitions Bakal Dongkrak Literasi Indonesia

10th Edition JNE Content Competitions Bakal Dongkrak Literasi Indonesia 10th Edition JNE Content Competitions Bakal Dongkrak Literasi Indonesia | Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Sadar akan pentingnya pertumbuhan literasi Indonesia, JNE menyelenggarakan kompetisi yang terkait dengan literasi semenjak tahun 2011 yang bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas, wawasan, serta semangat untuk menyampaikan pesan-pesan kebahagiaan hingga pada tahun ini JNE telah mengadakan 10 kali penyelenggaraan program yang seiring perkembangan zaman, berkembang menjadi kompetisi berbagai kategori konten dalam bentuk foto, video, dan desain, dengan mengangkat tema Semangat Bergerak Bangkit Bersama.

VP of Marketing JNE, Eri Palgunadi, mengatakan penyelenggaraan ke-10 JNE Content Competition 2023 merupakan penyelenggaraan yang diperuntukkan untuk seluruh masyarakat Indonesia untuk memberikan hasil karyanya yang terbaik dengan tema utama "Bangkit Bersama" yang bersifat universal dalam kehidupan. 

Baca Juga: Kemendag Minta Pelarangan Angkutan Logistik Lebaran Tidak Merugikan Pelaku Usaha

"Diharapkan dapat menebarkan energi positif dan optimisme bagi masyarakat Indonesia agar terus maju, adaptif dalam berkarya, serta berinovasi dalam beragam program kolaborasi," kata Eri kepada wartawan di Bandung, Senin (20/3/2023).

"Ketika bergerak berkolaborasi bersama maka terbentuk ekosistem yang hidup, kemudian akan menghidupkan seluruh komponen yang terlibat di dalamnya. Di mana JNE menjadi wadah dalam mendukung dan mengapresisi berbagai kreativitas di Indonesia dengan melakukan berbagai program lanjutan bagi pemenang. Di tahun-tahun sebelumnya para pemenang juga berkesempatan bekerja sama lanjutan dengan JNE," sambungnya

JNE dalam perjalanan lebih dari 3 dekade melalui proses perjalanan untuk terus bergerak dan terus bertumbuh dan memberikan manfaat terbaik demi terciptanya Indonesia Bangkit agar dapat bersama-sama terus bergerak dalam memajukan Indonesia.

Dalam berbagai program yang dijalani untuk terus mengantarkan kebahagian sesuai dengan tagline JNE yaitu "Connecting Happiness", perusahaan asli Indonesia ini secara konsisten terus melakukan kolaborasi antara komponen masyarakat, salah satunya dengan Maman Suherman seorang penulis buku yang aktif dalam mendukung kemajuan literasi masyarakat Indonesia.

"Sungguh luar perjalanan kolaborasi bersama JNE yang selama ini telah terjalin, secara terbuka JNE ingin menjadi bagian dari langkah saya untuk dapat memberikan ilmu dan meningkatkan minat membaca bagi masyarakat Indonesia," katanya.

"JNE telah mengantarkan 25 ribu eksemplar buku karya Kang Maman hingga ke wilayah terpencil," ujarnya.

Baca Juga: Rawan Penimbunan Barang, Wacana Pembatasan Jalur Logistik Saat Lebaran Disorot Tajam: Sebaiknya...

Hadir pula salah satu juri yang sangat meninspirasi dengan membanggakan Indonesia dengan karya-karyanya yang terkenal hingga Internasional, Ario Anindito seorang komikus yang memberikan semangat kepada generasi muda untuk terus berkarya hingga dikenal sebagai komikus Marvel yang mendunia. 

Ario juga menceritakan kolaborasi bersama JNE dengan menciptakan karakter super kurir yang designnya di implementasi dalam seragam khusus para ksatria JNE.

"Sosok kurir itu kan seperti super Hero, disaat kita membutuhkan sesuatu Super JONI JNE siap mengantarkan kebutuhan kita, dengan berbagai tantangan di jalan." 

Pada kesempatan yang sama, rangkaian kegiatan pada tahun ini juga dilaksanakan dengan menggelar Road Show Campus, yang secara perdana dilakukan di Universitas Katolik Parahyangan Bandung. Kegiatan ini berupa workshop yang bertema "Creative Thinking - Berbagi Cerita Lewat Kata" bersama pemateri Maman Suherman (Pegiat Literasi & Penulis Buku) dan Tri Joko Her Riadi (Dosen Penulisan Kreatif UNPAR).

Dalam kedua acara tersebut, pesan penutup dari seluruh pengisi acara kepada seluruh peserta dan tamu yang hadir untuk bersama sampaikan dan sebarkan pesan dan makna dalam kompetisi ini, tipsnya adalah dengan mengangkat tema bagaimana untuk bangkit bersama, kolaborasi bisa menjadi kunci bagi keberhasilan bersama. Filosofi berbagi, memberi dan menyantuni sesame itu tidak akan mengurangi harta, namun dapat membentuk ekosistem yang saling menghidupkan.

Baca Juga: Logistic Day: Digital Platform Solusi Pemerataan Infrastruktur Konektivitas

Sementara itu, untuk mengantisipasi peningkatan pengiriman barang menjelang bulan suci Ramadan, JNE telah menambah jumlah armada.

Branch Manager JNE Bandung, Iyus Rustandi, mengatakan penambahan jumlah armada bersifat tentatif tergantung dari pengiriman barang. Namun, pihaknya sudah menyiapkan sekitar 300 unit kendaraan untuk wilayah Bandung Raya, seperti Bandung dan sekitarnya, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Garut.

"Dengan tingginya pengiriman ini otomatis akan menambah jumlah SDM juga," ujarnya. 

JNE juga telah mempersiapkan infrastruktur penampungan barang yang akan dikirim, seperti gudang yang terletak di Gedebage Bandung, Gudang 621 dan 462 yang ada di Jl Soekarno Hatta Kota Bandung.

Kenaikan pengiriman barang biasanya mencapai 20-30 persen selama Ramadan dan terjadi lonjakan pengiriman barang pada H-15 menjelang Lebaran. Bahkan, saat ini rerata pengiriman barang untuk dijual lagi sedangkan pada H-15 pengiriman sudah ke penerima langsung. 

Baca Juga: Peruri Salurkan Bantuan Logistik guna Ringankan Beban Korban Kebakaran Plumpang

"Barang yang dikirimkan berbagai macam dari mulai pakaian, makanan  bahkan sampai peralatan rumah tangga," ujarnya.

Meskipun Kota Bandung terkenal dengan penghasil pakaian, tapi masih banyak juga barang masuk karena masih banyak pembelian dari luar kota masuk ke Bandung. 

"Pengiriman selama ini masih di kisaran Jawa Barat," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: