Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mengenali Kelebihan Platform Media Sosial dan Marketplace untuk Promosi Bisnis

Mengenali Kelebihan Platform Media Sosial dan Marketplace untuk Promosi Bisnis Kredit Foto: Unsplash/dole777
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan webinar Literasi Digital #MakinCakapDigital 2023 untuk segmen komunitas di wilayah Kabupaten Majene, Sulawesi Barat dengan tema "Kiat-Kiat Mengembangkan Bisnis Menggunakan Media Sosial" pada Selasa (18/7/2023). 

Kali ini hadir pembicara-pembicara program kegiatan Literasi Digital #MakinCakapDigital di tahun 2023 yang ahli di bidangnya untuk berbagi terkait budaya digital, antara lain Dosen Praktisi Regional Treasurer Member Asian Counvil for Small Business OCB Jawa Timur, E Rizky Wulandari dan Key Opinion Leader, Azaria Desfiani, serta Dosen Informatika UIN Bandung, Cecep Nurul Alam.

Baca Juga: Etika Berinternet, Demokratis di Media Sosial dengan Bijak dan Bertanggung Jawab

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia kian masif. Menurut survei We Are Social dan HootSuit, pada awal 2023, pengguna internet di Indonesia kini mencapai 212,9 juta atau 77 persen dari total penduduk. Namun, data BPS pada 2018 menyebutkan, dari tiga subindeks dalam Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) Indonesia, subindeks keahlian yang memiliki skor paling rendah menurut data yang dirilis 2019. 

Pemanfaatan internet yang maksimal untuk mempermudah kehidupan, juga dapat dimanfaatkan untuk berbisnis. Salah satunya dengan media sosial yang memiliki banyak fitur untuk mempromosikan barang maupun jasa ke konsumen lebih dekat.

"Tren sekarang itu media sosial bisa digunakan untuk jualan, mulai bisnis bisa di Facebook dan Instagtam," ungkap Dosen Informatika UIN Bandung, Cecep Nurul Alam, saat menjadi narasumber kegiatan literasi digital #makincakapdigital 2023 untuk segmen komunitas di wilayah Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Selasa (18/7/2023).

Namun saat menggunakan media sosial sebagai sarana promosi, pemilik bisnis hendaknya mempelajari dulu target pembeli di mana spesifikasinya bisa dilihat dari plafform yang sering digunakan. Selain media sosial, ada pula mafketplace sebagai tempat berjualan namun tanpa toko fisik.

Biasanya, untuk bergabung di sebuah marketplace, pemilik harus memiliki rekening dan transaksinya perlu didukung dengan sistem pembayaran digital. Sebabnya, penjual juga harus mempelajari apa saja jenis dompet digital atau layanan transaksi perbankan yang digunakan, misal transfer ke beberapa bank, menggunakan GoPay, OVO dan sistem elektronik lainnya. 

Meski sekarang ini semua orang bisa berjualan di marketplace maupun e-commerce, persaingan harga akan terjadi. Namun, pembeli biasanya tidak semata-mata melihat harga, kadang juga kualitas produk meskipun banyak yang lebih murah. Pelayanan yang diterima saat menerima barang maupun proses membeli pun bisa berpengaruh pada rating penjualan, sehingga sebuah toko online pun harus dibangun menejemen yang serius.

Baca Juga: Memanfaatkan Media Sosial untuk Melindungi Karya dari Plagiarisme

Sebagai informasi, Webinar Makin Cakap Digital merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi. 

Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui Website literasidigital.id atau event.literasidigital.id, atau akun Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Literasi Digital Kominfo dan Youtube Literasi Digital Kominfo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: