Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2024: Pengukuhan Langkah Sukses Pelaku Usaha Lokal
Seiring dengan target pemerintah untuk menaikan transaksi produk lokal, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) bersama Kementerian UMKM kembali menyelenggarakan even Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) 2024 sebagai ajang untuk memberikan apresiasi kepada pengusaha kecil dan menengah atas inovasi dalam mengembangkan produk-produk lokal yang berdaya saing tinggi. Peserta BBI 2024 merupakan pelaku usaha yang telah berkomitmen mengikuti rangkaian kegiatan Bangga buatan indonesia sepanjang tahun 2024 sehingga terpilih nominator yang telah terpilih dari 20 Provinsi 2024 dan pada akhirnya nnt akan ada juara dari tiga finalis di empat kategori.
Tantangan ekonomi tak pernah berhenti di satu titik semata. Pandemi mungkin telah berakhir, tapi perjalanan sebuah kesuksesan tidak lantas usai. Pengukuhan kuatnya ekonomi Indonesia yang ditopang oleh majunya pelaku UMKM, produk lokal dan artisan, harus terus dilanjutkan,” ujar Arshi Adhini, Executive Director idEA pada Konferensi Pers ABBI 2024, di Jakarta, Jumat (6/12). Hadir juga dalam kesempatan itu yakni Liz Zeny Merry, Asdep Sarpras Pendukung Konektivitas Kemenko Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan dan Agni Iswarani, Kepala Bidang Perluasan Pasar, Kementerian UMKM.
Arshi Adhini juga mengapresiasi perkembangan keahlian digital para pelaku usaha yang menjadi nominator ABBI 2024. “Banyak yang sudah paham bagaimana digital itu bisa membantu mengembangkan usaha dan meningkatkan kualitas produknya. “Ini merupakan sebuah perpaduan yang kayak menjadi percontohan,” imbuhnya.
Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2024 (ABBI) lanjutnya, terus dihadirkan sebagai apresiasi untuk pelaku UMKM yang menjadi penggerak ekonomi nasional dan tak pernah surut dalam berbagai tantangan ekonomi.
Kepala Bidang Perluasan Pasar Kementerian UMKM Agni Iswarani menegaskan pentingnya mendukung para pengusaha UMKM agar mampu mengembangkan usahanya lebih besar dan lebih luas lagi.
“Suksesnya pengusaha UMKM adalah cermin dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini sudah terbukti dalam banyak kejadian yang berdampak pada ekonomi Indonesia, contohnya krisis ekonomi 1998 dan pandemi kemarin. Ekonomi Indonesia bangkit itu karena pelaku UMKM ini mampu bertahan,” kata Agni
Agni juga menegaskan pentingnya dukungan nyata pada pelaku UMKM. “Kita sudah paham mereka berjasa, maka wajib kita dukung. Beli dan pakai produk lokal buatan mereka. Selama konsumen berkomitmen memakai produk dalam negeri, maka kita semua tidak perlu lagi khawatir dengan serbuan impor. Produk Indonesia banyak yang punya kualitas bagus, bahkan lebih bagus dari semua produk impor dengan merek ternama.”
Sementara itu, Liz Zeny Merry berharap Gernas Bangga Buatan Indonesia bisa menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi melalui kesuksesan pengusaha UMKM. “Kesuksesan mereka telah terbukti mampu menjadi pendorong paling ampuh dalam pertumbuhan ekonomi nasional, dan mampu bertahan dalam tekanan perekonomian apapun,” katanya.
Menurut Arshi Adhini, ABBI 2024 kali ini hadir kategori baru yang lebih spesifik yakni Fesyen Modest. Kategori ini hadir untuk bisa mendorong pertumbuhan industri fesyen modest yang sangat sesuai dengan budaya Indonesia. Harapannya tentu bisa menegaskan identitas busana Indonesia di kancah internasional Indonesia Memilih
“Masyarakat lagi-lagi turut dilibatkan untuk memberikan suara pilihan mereka yang dimulai hari ini hingga 11 Desember 2023 mendatang dengan mengakses situs anugerah.banggabuatanindonesia.co.id. Para finalis ini sudah melewati rangkaian kurasi dari dokumen, hingga penjurian yang dilakukan para profesional di setiap kategori pada 18 November 2024.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi
Tag Terkait:
Advertisement