Hanwha Life Indonesia Targetkan Pendapatan Premi Rp1 Triliun dalam 3 Tahun

Hanwha Life, perusahaan asuransi jiwa terbesar dari Korea Selatan yang telah satu dekade beroperasi di Indonesia, optimis memperbesar eksistensinya tahun 2025 setelah berhasil menutup tahun 2024 dengan pencapaian kuat.
CEO Hanwha Life Indonesia, Steven Namkoong mengungkapkan, “Hanwha Life berhasil mencatatkan rekor pencapaian premi bruto terbesarnya, yakni Rp252,95 miliar tahun 2024, naik Rp84,40 miliar atau lebih dari 50% (yoy) dari tahun 2023 sebesar Rp168,55 miliar. Pertumbuhan premi yang tinggi ini, terutama untuk premi bisnis baru, merupakan hasil dari fokus strategi perusahaan dalam meningkatkan inovasi, solusi berorientasi nasabah, dan saluran distribusi.”
Hanwha Life terus mengukuhkan posisinya sebagai penyedia layanan asuransi yang terpercaya bagi masyarakat Indonesia. Tahun 2024, Hanwha Life telah membayarkan klaim dan manfaat sebesar Rp170,60 miliar, meningkat signifikan dibandingkan Rp72,2 miliar pada 2023.
Meskipun industri asuransi jiwa menghadapi kondisi berat, Hanwha Life Indonesia berhasil menutup tahun 2024 dalam kondisi keuangan stabil, dengan total aset Rp2,13 triliun, aset investasi Rp1,92 triliun, dan tingkat solvabilitas (RBC) tercatat 1.010,8% atau hampir 9 kali lipat dari persyaratan minimum 120% yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Sebagai bagian dari strategi ekspansi, Hanwha Life terus memperkuat posisinya di industri asuransi dengan menjalin kemitraan dengan 257 perusahaan. Langkah ini bertujuan untuk memperluas jangkauan layanan asuransi serta meningkatkan jumlah pelanggan yang kini telah mencapai 150.000. Selain memperluas kemitraan dengan perusahaan, Hanwha Life juga memperkuat saluran distribusi melalui bancassurance bersama empat bank di Indonesia.
Baca Juga: OJK: Total Investasi Asuransi Januari 2025 Capai Rp696,78 Triliun
Steven Namkoong, CEO Hanwha Life Indonesia menyatakan, “Terima kasih atas kepercayaan nasabah. Hanwha Life berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik berstandar internasional. Kami telah membangun Customer Center baru pada Oktober 2024 dan Hanwha Financial Hub untuk Sales Networking pada Februari 2025. Selain itu, sebagai perwakilan K-Insurance, kami akan segera meluncurkan produk asuransi Universal.”
“Hanwha Life Indonesia bertujuan untuk menjadi ‘Global Top Tier Life Care Partner’. Secara strategis, selama tiga tahun ke depan Hanwha Life menargetkan 'Triple ONE', yakni Pendapatan Premi Rp1 triliun, 1 juta Hanwha Friends, serta Pangsa Pasar 1%. Pada tahun 2025, kami juga menjalankan brand campaign 'Hanwha Life Hwaiting for You', yang berarti Hanwha Life mendukung dan menemani perjalanan keuangan masyarakat Indonesia. Dalam bahasa Korea, 'Hwaiting’ mengandung makna dorongan serta dukungan,” tegas CEO Hanwha Life Indonesia, Steven Namkoong.
Hanwha Life sedang mengimplementasikan berbagai strategi untuk menjadi mitra perencanaan keuangan terpercaya di setiap tahap kehidupan masyarakat Indonesia.
Pertama, dengan terus melanjutkan inovasi digital berbasis AI. Hanwha Finance Flagship akan memberikan pengalaman asuransi yang mudah, nyaman, dan aman. Ini tidak hanya akan meningkatkan layanan bagi pelanggan, tetapi juga untuk agen, tenaga pemasar, perencana keuangan dan mitra bisnis.
Baca Juga: OJK Catat Rasio Klaim Asuransi Kesehatan Turun di 2024, Ini Penyebabnya
Kedua, Hanwha Life akan memperkuat portofolio bisnis di Indonesia lewat kolaborasi lembaga keuangan. Hanwha Life pertama memulai bisnis asuransi jiwa pada 2013, kemudian mulai 2023 menjalin kerja sama dengan Lippo General Insurance, dan saat ini dalam proses bekerja sama dengan Bank Nobu dan perusahaan manajemen aset Ciptadana. Semua ini diharapkan dapat memperkuat posisi serta memperluas area layanan jasa keuangan Hanwha Life di Indonesia.
Ketiga, penerapan penuh IFRS17. Manajemen Hanwha Life akan mengadopsi standar IFRS17 untuk meningkatkan kesehatan keuangan mulai tahun 2025. Melalui peningkatan aset investasi dan pendapatan premi, tahun ular kayu diharapkan menjadi tahun Hanwha Life semakin dicintai dan dipercaya oleh lebih banyak masyarakat Indonesia.
PT Hanwha Life Insurance Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 24 Oktober 2013. Hanwha Life merupakan salah satu dari 15 Asuransi Jiwa Terbaik dan Terkuat Indonesia 2023 menurut CNBC Indonesia Ratings, dan juga bagian dari Hanwha Group yang termasuk Top 10 konglomerasi besar di Korea Selatan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement