Deputi Bidang Usaha Kecil Kementerian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Temmy Satya Permana, menekankan promosi masih menjadi tantangan utama bagi UKM, terutama UKM bidang otomotif.
Sehingga Kementerian UMKM menjalin kerja sama engan Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) untuk mengampanyekan penggunaan produk lokal produksi UKM otomotif.
Baca Juga: Kementerian UMKM Ungkap Pentingnya Hilirisasi Gambir
Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Sinergi pengembangan UMKM bidang otomotif oleh Deputi Bidang Usaha Kecil Kementerian UMKM dengan HDCI di Jakarta, Kamis (21/8/2025).
Temmy Satya Permana, menegaskan bahwa kolaborasi dengan komunitas motor terbesar di Indonesia ini bukan hanya soal memperluas pasar, tetapi juga untuk membuktikan kualitas produk lokal.
“HDCI ini memiliki ribuan anggota dengan daya beli yang tinggi. Kalau kita bisa meyakinkan mereka untuk memilih produk UKM dalam negeri, itu menjadi kampanye yang bagus sekaligus bukti bahwa kualitas produk lokal kita mampu bersaing dengan produk impor,” kata Temmy, dikutip dari siaran pers Kementerian UMKM, Kamis (28/8).
Ia menyebut, kebutuhan komunitas motor terhadap apparel, riding gear, spare parts, hingga kuliner sangat tinggi. Dengan menjadikan HDCI sebagai mitra, produk UKM otomotif akan semakin mudah dikenalkan ke pasar.
“Ini bukan hanya soal penjualan, tapi soal kebanggaan. Ketika bikers memakai produk lokal, kita sedang menunjukkan kepada publik bahwa karya anak bangsa punya standar kualitas internasional,” kata Temmy.
Kehadiran HDCI di SMESCO diharapkan bisa menjadikan SMESCO sebagai meeting point komunitas motor dan pusat kampanye produk UKM. “Kami ingin kerja sama ini membuka pintu promosi lebih luas, termasuk rencana pembentukan HDCI Store sebagai etalase produk UKM otomotif,” katanya.
Wakil Ketua Umum HDCI, Arbain Siregar, menyambut baik kerja sama ini. “HDCI adalah komunitas motor dengan total anggota 10 ribu, dan kami siap menjadi mitra strategis pemerintah untuk membantu pengusaha UKM,” kata Arbain.
Melalui sinergi ini, Kementerian UMKM dan HDCI berharap produk-produk lokal otomotif semakin dikenal, semakin dipercaya, dan menjadi pilihan utama komunitas motor maupun masyarakat luas.
“Bersama Kementerian UMKM, kami ingin memberi dampak positif bagi UKM sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” katanya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Tag Terkait:
Advertisement