Laporan Burson 'Regeneration' Bahas Gotong Royong jadi Peluang untuk Indonesia Wujudkan Pertumbuhan
Kredit Foto: Istimewa
Burson, perusahaan komunikasi di dunia, secara resmi menghadirkan laporan berjudul "Regeneration". Laporan ini menekankan bahwa Gotong Royong dan kerja sama antar generasi adalah kekuatan terpenting untuk memajukan Indonesia.
Laporan ini mengajak pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat untuk bersatu. Tujuannya adalah menciptakan solusi yang merangkul semua pihak, baru, dan dapat bertahan lama untuk mewujudkan Indonesia yang lebih kuat dan makmur.
“Menuju peringatan seratus tahun kemerdekaan pada 2045, Indonesia tengah menghadapi sejumlah tantangan mendesak nan kompleks yang membuatnya ada di persimpangan jalan,” ujar Marianne Admardatine, CEO of Burson Indonesia and Head of Innovation & Creative Transformation, Burson Asia-Pacific.
“Melalui laporan Regeneration, Burson Indonesia memadukan kompetensi kami terhadap pasar Indonesia dengan insight dari platform AI eksklusif kami untuk memberi perspektif baru dan strategi praktis. Upaya ini kami lakukan untuk mendukung Indonesia mengakselerasi kemajuan dan meningkatkan reputasinya secara global.”
Regeneration disusun berdasarkan empat pilar utama yang membentuk masa depan Indonesia, yaitu lingkungan, ekonomi, teknologi, dan kepemimpinan. Setiap pilar mencerminkan tantangan dan peluang yang saling terkait di negara ini.
Baca Juga: Teknologi Artificial Intelligence (AI) Bantu Tingkatkan Produktivtas Agen Asuransi
Kebutuhan akan ketahanan lingkungan: 80% responden mengaku bahwa faktor yang nyata dan terukur, seperti udara dan air bersih serta kesehatan masyarakat, lebih mempengaruhi kesadaran akan kualitas lingkungan ketimbang komitmen perubahan iklim yang sering dianggap abstrak.
Peran penting bisnis dalam pembangunan ekonomi: Banyak responden menyadari bahwa bisnis berperan penting dalam mendorong perekonomian nasional. Mayoritas responden menyatakan bahwa perusahaan perlu menjalankan kegiatan produksi secara berkelanjutan, menciptakan produk yang bisa didaur ulang, serta meminimalkan limbah untuk mendukung perekonomian masa depan.
Peran teknologi dalam mengurangi ketimpangan sosial: Sebanyak 68% responden menyatakan bahwa teknologi berpotensi mengurangi ketimpangan ekonomi dan sosial.
Peran kepemimpinan lintas generasi: Sebanyak 91% responden dari lintas generasi menyatakan bahwa pemimpin memiliki peran krusial dalam mendorong aksi lingkungan.
Peran Penting Setiap Generasi dalam Membentuk Masa Depan Indonesia
Laporan ini juga mengungkap peran dan aspirasi dari setiap generasi dalam membentuk kemajuan Indonesia.
Milenial, yang dinilai memiliki kreativitas, kemampuan beradaptasi, dan kematangan dalam menghadapi tantangan masa depan, dianggap sebagai generasi yang paling siap untuk mengambil peran kepemimpinan dan mendorong inovasi di bidang teknologi, lingkungan, dan ekonomi.
Gen Z juga dinilai sebagai generasi pemimpin selanjutnya berkat dedikasi mereka terhadap keberlanjutan.
Untuk mendukung pengembangan pemimpin masa depan ini, Gen X dan Baby Boomers, yang masih memegang peran-peran kepemimpinan utama, perlu mendorong inklusi, dialog terbuka, dan rasa saling menghormati, seraya tetap terbuka untuk belajar dari generasi muda.
Laporan ini pun menekankan pentingnya growth mindset dan self-improvement yang berkelanjutan bagi semua kelompok usia sebagai kunci untuk tetap relevan di era perubahan yang cepat.
“Temuan di laporan Regeneration menjadi paradigma baru dalam membentuk Indonesia yang lebih inklusif dan berkelanjutan,” ujar Harry Deje, Chief Operating Officer, Burson Indonesia.
“Sejalan dengan komitmen kami terhadap inovasi yang berkelanjutan, laporan ini menunjukkan kemampuan kami dalam menyediakan solusi strategis berbasis riset. Dengan memberi insight lengkap terhadap sektor usaha dan dinamika sosial, kami siap membantu bisnis menghadapi berbagai tantangan masa kini.”
Laporan ini menyimpulkan bahwa regenerasi sangat penting bagi perjalanan Indonesia menuju masa depan yang lebih kuat.
Hampir semua responden (97%) setuju bahwa investasi terhadap pertumbuhan dan pengembangan masyarakat adalah kunci untuk mencapai Indonesia Emas.
Baca Juga: Riset Ungkap Gen Z Kian Kritis terhadap Kebijakan Iklim Pemerintah
Informasi ini menyoroti keahlian WPP di bidang konsultasi, momentum yang berkelanjutan, dan pertumbuhan global yang terbukti dari serangkaian kemenangan atas project baru dan perluasan cakupan kerja sama dengan merek-merek terkemuka seperti Mastercard, Electronic Arts, dan Heineken. WPP Open, platform pemasaran AI milik perusahaan, berperan penting dalam memperoleh pencapaian ini dan mendorong inovasi di seluruh jaringan WPP.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement