Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sambut Libur Nataru, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp25 Triliun

Sambut Libur Nataru, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp25 Triliun Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menjelang libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), Bank Mandiri memperkuat kesiapan layanan perbankannya dengan menyiapkan kebutuhan uang tunai secara net sebesar Rp25 triliun. Angka tersebut meningkat 5,8% dari realisasi periode yang sama tahun sebelumnya, sebagai langkah antisipasi lonjakan transaksi masyarakat di akhir tahun.

Dari total dana tersebut, sebagian dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan harian 12.958 ATM/CRM Mandiri, yang membutuhkan suplai sekitar Rp2 triliun guna memastikan kelancaran transaksi tunai selama 1 Desember 2025 hingga 2 Januari 2026.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Adhika Vista, menegaskan bahwa peningkatan alokasi dana ini merupakan bentuk penguatan sinergi layanan perbankan, baik digital maupun jaringan cabang.

Baca Juga: Pendapatan Digital Bank Mandiri Tembus Rp5,48 Triliun, Perkuat Ekosistem Ekonomi Digital

“Kami memperkirakan transaksi nasabah pada periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2026 akan mengalami peningkatan. Karena itu, kami memperkuat sinergi antara jaringan cabang dan layanan digital untuk menjaga ketersediaan uang tunai serta menghadirkan layanan transaksi yang lancar dan aman,” ujar Adhika, Selasa (9/12).

Saat ini, Bank Mandiri mengoperasikan 12.958 ATM/CRM yang terhubung dengan jaringan ATM Link, Bersama, Prima, dan Visa/Plus, serta 290 CSM di seluruh Indonesia. Perseroan memproyeksikan puncak kebutuhan pengisian ATM terjadi sehari sebelum Natal dan sehari sebelum Tahun Baru 2026.

Adhika juga menjelaskan bahwa peningkatan transaksi diprediksi terjadi pada mesin EDC dan QRIS, seiring pembagian THR dan meningkatnya konsumsi masyarakat menjelang libur akhir tahun. Untuk menunjang kebutuhan tersebut, Mandiri telah menyiapkan lebih dari 307.000 jaringan EDC di berbagai daerah.

Baca Juga: Bank Mandiri Targetkan Kenaikan Kredit UMKM 10% pada 2025

Tak hanya menguatkan layanan fisik, Bank Mandiri juga mendorong akselerasi transaksi digital melalui penyebaran 956.250 kartu e-money, yang disalurkan ke seluruh Indonesia. Selain itu, layanan Call Center 14000 dan Live Chat MITA di WhatsApp (+62 811-84-14000) disiagakan untuk memberikan dukungan penuh kepada nasabah selama masa liburan.

Bank Mandiri turut memastikan ekosistem digital seperti Livin’ by Mandiri, Kopra by Mandiri, SMS Banking, dan layanan call center berada dalam kondisi optimal. Fitur Livin’ Sukha juga menjadi andalan untuk memudahkan nasabah membeli tiket pesawat, kereta, konser, voucher gim, hingga pengajuan kredit secara praktis.

“Transformasi ini menjadi bukti nyata komitmen dan sinergi berkelanjutan Bank Mandiri untuk memberikan solusi finansial yang cepat, mudah, dan aman bagi seluruh masyarakat,” papar Adhika.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri

Advertisement

Bagikan Artikel: