Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Festival Belanja Online 11.11, Alibaba Cetak Rekor Penjualan US$17,78 Miliar

        Festival Belanja Online 11.11, Alibaba Cetak Rekor Penjualan US$17,78 Miliar Kredit Foto: Theguardian.com
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Raksasa e-commerse China Alibaba kembali mencetak rekor penjualan online terbesar di dunia dalam ajang belanja online 11.11 Global Shopping Festival 2016, yang diadakan setiap tahun pada 11 November.

        Mengutip BBC di Jakarta, Sabtu (12/11/2016), perusahaan mengatakan pada ajang 11.11 tahun ini, tepat pukul 00.00 di Shenzen, China, total gross merchandise volume (GMV) mencapai 121 miliar yuan (US$ 17,78 miliar), naik 32 persen dari penjualan tahun lalu yang mencapai US$14,3 miliar.

        Dalam satu jam pertama saja, Alibaba sudah mencetak penjualan senilai US$ 5,2 miliar. Nilai transaksipun terus membesar. Dalam delapan jam pertama, nilai transaksi sudah menembus US$ 9 miliar.

        Singles Day tahun ini menembus rekor nilai transaksi tahun lalu yang melampaui penjualan gabungan dari Black Friday dan Cyber Monday, hari penjualan online terbesar di Amerika Serikat. Alibaba melaporkan 82 persen dari transaksi pembelian selama Singles Day tahun ini, dilakukan melalui smartphone mereka.

        Namun, beberapa pihak telah mempertanyakan akurasi data, tentang laporan transaksi Singles Day. Mereka meragukan transaksi yang terjadi setinggi yang dilaporkan. Selain itu, praktik penjualan barang palsu juga menjadi masalah di industri ini.

        Joe Tsai, Vice Chairman Alibaba Group, mengatakan bahwa pada ajang Singles Day 2015 lalu sebanyak 80 persen konsumen Alibaba menggunakan mobile. Untuk itu di 2016 harus ada teknologi terkini yang menarik bagi konsumen ketika berbelanja menggunakan smartphone-nya.

        Perusahaan telah bereksperimen dengan teknologi baru, yakni Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) untuk memberikan konsumen Alibaba cara lain untuk membeli barang. Teknologi VR bernama Buy+ yang digunakan dengan kacamata VR ini membuat pembeli di ajang 11.11 seperti masuk ke mall atau toko yang sesungguhnya. Produk yang dijual bisa dilihat detil tiga dimensi (3D).

        Dengan demikian untuk produk seperti pakaian dan tas, konsumen bisa tetap merasakan dan melihat-lihat produk seperti apa yang akan dibelinya.

        "Sudah banyak merchant yang mau kerja sama VR ini. Misal Macy's, Target dan Protect & Gambler," kata Tsai.

        Dengan teknologi ini, Alibaba ingin menciptakan tren pengalaman berbelanja lebih melalui entertaintment shopping. Ini beda dari pengalaman konsumen festival belanja online lain, misal di Amazon. Singles Day tahun ini dimeriahkan pula oleh penampilan sejumlah selebriti, mulai dari David dan Victoria Beckham, Scarlett Johansson, hingga bintang NBA Kobe Bryant, ikon di dunia basket. Sayangnya Katy Perry batal hadir di acara tersebut.

        Jack Ma, pendiri Alibaba, dalam pidatonya menjelang penutupan ajang belanja online 24 jam ini mengatakan bahwa pihaknya akan terus memperbaiki teknologi pendukung untuk ajang-ajang serupa di tahun depan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Cahyo Prayogo

        Bagikan Artikel: