Setiap pelancong yang memulai perjalanan harus memutuskan jalan apa yang harus diambil.?Jalan yang dilalui dengan baik sepertinya merupakan pilihan yang jelas.?Hal yang sama berlaku dalam mencari kesuksesan startup.
Jalan yang dimaksud di sini adalah bagaimana cara perusahaan berkembang. Sejak abad ke-20, sejumlah pengusaha dan peneliti telah menciptakan model yang menggambarkan proses bagaimana produk atau inovasi baru diadopsi dalam suatu populasi.
Baca Juga: Ingin Masuk ke Marketplace, Facebook Akuisisi Startup Belanja Ini! Duh Siapa Ya?
Dengan menghubungkan kemajuan perusahaan dan model-model ini, para pendiri dapat mengkorelasikan pertumbuhan mereka atau belajar secara luas dengan metodologi ini. Merangkum dari Entrepreneur.com (11/2/2019), simak ulasannya:
Alasan Sebenarnya di Balik Kegagalan
Di era sekarang, startup tidak gagal karena mereka tidak memiliki produk;?mereka gagal karena mereka kekurangan pelanggan.?Pada fase awal startup, sebelum penjualan dapat terjadi, perusahaan harus membuktikan bahwa pasar itu ada.
Baca Juga: Ternyata Dia Artis Pertama yang Terjun ke Dunia Startup, Simak Deh Kisahnya
Anda tidak dapat membuat permintaan pasar atau pelanggan di mana tidak ada minat pelanggan di dalamnya.?Oleh karena itu, wajib bagi pendiri startup untuk menguji apakah produk memenuhi kebutuhan nyata.
Namun, terlepas dari prasyarat yang jelas ini, banyak pendiri startup menjadi mangsa asumsi mereka sendiri.?Alih-alih membiarkan pelanggan memberi tahu mereka apa yang diinginkannya, para pendiri cenderung memberinya "apa yang mungkin ia inginkan".
Itu adalah contoh dari pendekatan pengembangan produk di mana orang cenderung melewatkan kesesuaian solusi-masalah dan melompat langsung ke kesesuaian pasar-produk, yang mengarah pada membangun produk yang tidak diinginkan siapa pun.
Apakah Anda Mampu Menemukan Masalah Sebenarnya
Sangat jelas bahwa pendiri perlu mengidentifikasi masalah nyata, mengembangkan produk yang memecahkan masalah dan meminta pelanggan memverifikasi dengan membeli dari mereka.?Tetapi, bagaimana orang melakukannya??Metode konvensional menjalankan bisnis berfokus pada pendekatan produk-sentris di mana produk diberikan prioritas pertama dan terutama.
Baca Juga: Anda Ingin Dirikan Startup? Perhatikan 3 Poin Penting dari CEO Kredivo Ini!
Meskipun banyak startup yang menerapkan taktik yang sama untuk memasuki pasar, metodologi ini bukanlah peta jalan yang berhasil di ekosistem saat ini.?Mendekati pasar berdasarkan angka-angka kuantitatif adalah bencana.
Pendekatan pengembangan produk mungkin berhasil ketika produk baru diperkenalkan ke pasar yang sudah ada dengan parameter dan dinamika yang diketahui.?Tapi, hal itu dapat menjadi bencana ketika datang untuk membawa produk baru ke pasar baru atau membawa produk baru ke bagian baru dari pasar yang ada.
Pendekatan yang Tepat
Sebaiknya, sebelum memutuskan untuk meluncurkan produk dari startup, Anda harus memverifikasi terlebih dahulu asumsi Anda dengan interaksi pelanggan kualitatif. Hal ini tidak hanya membantu perusahaan mengidentifikasi kebutuhan nyata, tetapi juga meringankan mereka dari tingkat menghambur-hamburkan uang hanya untuk menemukan kecocokan produk.
Baca Juga: Mati-Matian Selama 17 Tahun, Akhirnya Startup Teknologi Ini Berhasil Kumpulkan $22,5 Juta
Setelah perusahaan memahami masalah sebenarnya, tahap selanjutnya akan terbuka untuk penemuan.?Setelah pemahaman dasar tentang pelanggan ini, cara terbaik untuk melangkah lebih jauh bukan dengan membangun ledakan produk, melainkan untuk memahami apakah produk yang diusulkan akan mencapai kesukaan pengguna awal.
Untuk itu, cara terbaik adalah membuat demo fitur paling penting yang diperlukan dan kembali ke konsumen untuk mengetahui reaksinya. Ibaratnya, dengan cara ini perusahaan menguji proposal nilainya bahkan sebelum berinvestasi dalam pengembangan produk inti.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: