Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Duh... Beberapa Kebiasaan Berikut Ini Ternyata Buat Tidur Anda Tidak Nyenyak

        Duh... Beberapa Kebiasaan Berikut Ini Ternyata Buat Tidur Anda Tidak Nyenyak Kredit Foto: Unsplash/Anthony Tran
        Warta Ekonomi -

        Tidur memiliki peranan penting bagi kesehatan karena berfungsi memulihkan tenaga. Namun sayangnya, sebagian orang kerap memiliki masalah dengan tidur yang disebabkan oleh banyak faktor salah satunya kebiasaan tidak sehat sebelum tidur.

        Ahli tidur bersertifikat Dr Carmel Harrington mengatakan, mayoritas orang tidak menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan tertentu bisa memengaruhi kualitas tidur. Studi menunjukkan bahwa orang muda antara 18-30 tahun lebih mungkin untuk terlibat dalam kebiasaan tidak sehat sebelum waktu tidur.

        Baca Juga: Cek Sekarang! Perubahan Seperti Ini pada Kulit Bisa Mengindikasikan Kondisi Diabetes

        Untuk lebih jelasnya berikut tujuh kebiasaan buruk yang paling umum dilakukan sebelum tidur menurut Dr Harrington, seperti dilansir dari Daily Mail, Senin (1/11).

        1. Terlalu lama menatap layar gawai

        Hampir 60 persen orang dalam kelompok muda mengaku sering menghabiskan waktu di depan layar sebelum tidur. Ketika terlalu asyik dengan layar handphone, pada akhirnya jadwal tidur akan mundur dan waktu tidur berkurang.

        Dr Harrinton menjelaskan, saat menonton layar, kita dirangsang secara psikologis, karena paparan cahaya terang menekan pelepasan melatonin, hormon yang bertanggung jawab untuk pengaturan tidur. Jadi, cobalah batasi penggunaan handphone di malam hari, atau dan matikan perangkat setidaknya satu jam sebelum tidur.

        2. Makan atau ngemil larut malam

        Agar tidur lebih berkualitas, berhentilah makan tiga jam sebelum waktu tidur. Beban kalori yang tinggi bisa membuat sulit tidur, karena tubuh sibuk mencerna makanan. Ini penting diperhatikan utamanya bagi orang lanjut usia, yang tingkat metabolismenya semakin melambat dan butuh waktu lebih lama untuk mencerna makanan.

        Baca Juga: Pradiabetes Perlu Vitamin Ini untuk Cegah Risiko Terkena Diagnosis Diabetes Tipe 2

        3. Asupan kafein sebelum tidur

        Sifat kimia dari kafein dapat mendatangkan malapetaka pada tidur jika dikonsumsi di sore hari. Efek kafein maksimum dialami satu jam setelah meminumnya. Setelah proses ini, tergantung pada tingkat metabolisme seseorang, tetapi pada umumnya dibutuhkan waktu hingga delapan jam bagi kafein untuk meninggalkan tubuh.

        “Bagi mereka yang ingin tidur nyenyak, hindari mengonsumsi kafein di sore hari. Semakin tua kita, semakin lama waktu yang dibutuhkan kafein untuk meninggalkan tubuh kita karena penurunan metabolisme,” kara Dr Harrington.

        4. Konsumsi alkohol

        Alkohol dapat memiliki efek menenangkan diawal, tetapi setelah empat sampai lima jam alkohol bisa menyebabkan 'rebound wakefulness’. Ini mengacu pada periode tidur yang dangkal dan beberapa kali terbangun, berkeringat, dan peningkatan detak jantung. Alkohol memainkan peran utama dalam hampir 10 persen masalah tidur.

        5. Suhu ruangan terlalu panas atau tidak nyaman

        Kamar tidur yang gelap, tenang, sejuk dan nyaman, merupakan suasana kondusif untuk tidur nyenyak. Karena itulah jika suhu ruangan di kamar terlalu panas atau lampu tidak dimatikan, bisa berpengaruh pada kuantitas dan kualitas tidur. Jika lingkungan tidak mendukung, alih-alih merasa segar saat terbangun, kepala Anda mungkin akan terasa pusing.

        Baca Juga: Bukan Hanya Fisik, Diabetes Juga Berdampak pada Mood Seseorang! Kok Bisa? Ternyata Oh Ternyata…

        6. Kerja atau belajar sampai larut

        Kualitas tidur seringkali tergantung pada bagaimana aktivitas Anda. Jika dipenuhi dengan perasaan stres dari pekerjaan yang terlalu banyak atau jadwal belajar yang berlanjut hingga malam hari, tidur dapat terpengaruh. Bekerja atau belajar sampai larut juga dapat meningkatkan tingkat stres dan kecemasan. Jadi, cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan di sore hari.

        7. Waktu tidur yang tidak konsisten

        Menjaga waktu tidur dan bangun yang konsisten akan mengatur tidur dan membantu orang mempertahankan kualitas tidur. Tubuh kita sangat membutuhkan rutinitas, dan waktu bangun yang tidak konsisten dapat menyebabkan masalah tidur yang signifikan karena waktu bangun kita menentukan kapan kita bisa tidur malam itu.

        Saat kita bangun, kita mengatur ritme jam tubuh untuk 24 jam berikutnya, termasuk ritme tidur. Untuk orang dewasa, ini sekitar 16 jam setelah bangun tidur. Misalnya, jika Anda bangun terlambat di pagi hari sekitar jam 10 pagi, keesokan harinya Anda mungkin tidak dapat tertidur sampai sekitar jam 2 pagi.

        Baca Juga: Berikut Ini Beberapa Sayuran dan Jenis Makanan Lainnya yang Perlu Diwaspadai Penderita Diabetes

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Bayu Muhardianto

        Bagikan Artikel: