Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Bill Gates Kritik Pedas Cara Penanganan Perubahan Iklim yang Dilakukan Australia, Lho Kenapa?

        Bill Gates Kritik Pedas Cara Penanganan Perubahan Iklim yang Dilakukan Australia, Lho Kenapa? Kredit Foto: Instagram Bill Gates
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Miliarder filantropis dan pendiri Microsoft Bill Gates telah menguraikan apa yang menurutnya harus dilakukan dunia untuk menghindari bencana iklim.

        Gates bahkan menyoroti asumsi yang mendasari rencana Australia untuk mengurangi emisi menghadapi beberapa hambatan besar.

        Rencana Pemerintah Federal untuk mencapai emisi karbon nol bersih pada tahun 2050 sangat bergantung pada pengembangan teknologi di masa depan.

        Baca Juga: Pesta Mewah Bill Gates yang Undang Jeff Bezos Dikritik, Sampai Dibilang Munafik! Lho, Ada Apa?

        Sementara itu, Perdana Menteri Australia, Scott Morrison mengasumsikan penyerapan tenaga surya dan kendaraan listrik yang lebih besar, ia juga mengandalkan sebagian besar teknologi yang belum terbukti seperti penangkapan dan penyimpanan karbon dan "terobosan teknologi" masa depan yang tidak ditentukan untuk mencapai target.

        Menurut Gates, itu tidak akan mudah.

        Melansir Yahoo Finance di Jakarta, Rabu (3/11/21) Gates menulis dalam Financial Times pada malam KTT perubahan iklim global COP26. Orang terkaya keempat di dunia ini menjelaskan bagaimana akan "sangat" sulit untuk membangun teknologi baru yang sangat dibutuhkan dunia.

        "Sangat menantang bagi setiap start-up untuk mengkomersialkan produknya, tetapi uniknya bagi perusahaan energi," tulisnya.

        Perusahaan perangkat lunak seperti Microsoft dapat memulai dengan biaya yang sangat sedikit dan dapat meningkat dengan cepat serta murah karena mereka dibangun di belakang kode komputer yang dapat dengan mudah diubah dan direplikasi.

        "Teknologi cerdas-iklim jauh lebih sulit dinavigasi. Setelah Anda dapat membuat hidrogen hijau di laboratorium, Anda harus membuktikan bahwa itu bekerja secara aman dan andal dalam skala besar," tulis Gates.

        "Itu berarti membangun pabrik fisik yang sangat besar, menyelesaikan masalah teknik, rantai pasokan dan distribusi, mengulanginya lagi dan lagi dan terus memangkas biaya. Proyek demonstrasi seperti ini sangat rumit, sangat berisiko, dan sangat mahal - dan sangat sulit untuk membiayainya." lanjut Gates lagi.

        Tokoh pertambangan Australia dan bos Fortescue Andrew Forrest memahami hal ini. Mereka mengatakan bulan lalu di radio ABC bahwa penangkapan dan penyimpanan karbon gagal 19 kali dari 20 percobaan yang membuat Menteri Energi federal Angus Taylor kecewa.

        Bahkan setelah terobosan tercapai, masih butuh beberapa saat agar harga dapat membuatnya layak secara komersial.

        "Dalam teknologi bersih, ada komplikasi lain," tulis Gates. "Ketika semua pekerjaan yang rumit, berisiko, dan mahal itu selesai, Anda akan mendapatkan produk yang kurang lebih sama dengan produk yang akan diganti. Baja hijau memiliki fungsi yang hampir sama dengan baja saat ini, tetapi harganya lebih mahal."

        "Tentu saja, sulit untuk menemukan pembeli, yang berarti bank mengenakan biaya lebih untuk pinjaman. Biaya modal yang tinggi dapat meningkatkan harga produk. Karena pembiayaan sangat sulit didapat, demonstrasi komersial dapat menjadi proses yang sangat lambat," jelas Gates lagi.

        Ketika Scott Morrison mengumumkan rencana nol-bersih Australia, dia menyebut teknologi masa depan itu didasarkan pada yang diberikan.

        "Kecuali para pemimpin dunia secara besar-besaran mempercepat investasi ke dalam teknologi bersih untuk mempercepat perkembangan mereka, kemungkinan besar mereka tidak akan datang cukup cepat," kata Gates.

        Morrison sendiri telah mengarahkan poin ini ketika berdebat melawan kritik terhadap negara-negara berkembang yang mengandalkan bahan bakar fosil.

        "Kecuali teknologinya terjangkau dan dapat diskalakan di negara berkembang, maka Anda tidak akan melihat penurunan emisi di negara-negara itu," ujar Morrison kepada wartawan saat ia berangkat ke KTT iklim PBB.

        "Cara yang dicapai bagi mereka adalah memastikan bahwa kami bisa mendapatkan biaya teknologi tersebut serendah mungkin."

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: