Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Ya Ampun… Cek Sekarang! Beberapa Kondisi di Bagian Mata Bisa Merujuk Masalah Jantung Bahkan Diabetes

        Ya Ampun… Cek Sekarang! Beberapa Kondisi di Bagian Mata Bisa Merujuk Masalah Jantung Bahkan Diabetes Kredit Foto: Unsplash/Amanda Dalbjörn
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Deteksi dini terhadap kemungkinan penyakit terlebih yang kronis sangatlah dibutuhkan. Deteksi dini bisa ‘mengubah’ nasib kesehatan Anda di kemudian hari.

        Bukannya tanpa alasan, lebih cepat Anda mengetahui masalah kesehatan yang Anda miliki maka semakin cepat juga penanganan medis yang diperlukaan untuk meminimalisir dampak fatal akibat penyakit yang ada di tubuh Anda.

        Baca Juga: Penderita Diabetes Harus Mulai Stop Makan Gorengan dan Ganti Kismis, Manfaatnya Dahsyat!

        Pemeriksaan rutin ke tenaga kesehatan adalah langkah paling tepat untuk menmeriksa kemungkinan masalah penyakit apa yang Anda miliki. Namun harus diakui bahwa cara ini masih sangat sulit dilakukan oleh masyarakat karena berbagai faktor.

        Sebut saja salah satunya biaya pemeriksaan yang kadang ‘menguras’ cepat isi kantong seseorang. Atas dasar itu seringkali seseorang mengunjungi tenaga kesehatan saat mulai tubuhnya merasakan rasa sakit yang tidak bisa ditahan lagi atau paling tidak menggganggu aktivitas.

        Sebenarnya ada cara lain yang mungkin bisa membantu Anda lebih waspada terhadap ancaman penyakit serius yakni lewat gejala atau tanda yang biasanya ada di sekitar tubuh.

        Salah satu yang bisa menjadi acuan adalah kondisi bagian mata. Hal ini karena mungkin beberapa tanda yang muncul di bagian mata Anda mengindikasikan penyakit serius.

        Baca Juga: No Nut November Ramai Dibicarakan Ternyata Ini Dampak Melakukan Masturbasi, Bikin Sehat?

        Melansir laman Express(6/11/21), bagian mata tertentu dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang mendasarinya termasuk potensi risiko serangan jantung.

        Timbunan lemak, yang menumpuk di arteri, bisa terlihat di mata, kata Direktur Pusat Pembelajaran Anatomi Klinis Universitas Lancaster, Adam Taylor. Deposit tersebut muncul sebagai cincin abu-abu di sekitar iris - bagian mata yang berwarna.

        "Meskipun Anda tidak dapat melihat jantung Anda berdetak di dada Anda, ada tanda-tanda eksternal yang terlihat yang dapat menunjukkan jika ada sesuatu yang salah dengan jantung Anda, sebelum Anda menderita 'peristiwa kardiovaskular' yang mengubah hidup," tulisnya di The Conversation.

        Baca Juga: Yuk Lebih Sehat, Studi Mengungkapkan 5% Penderita Diabetes Bisa Mencapai Kondisi Remisi

        Dokter mata dapat melihat keadaan pembuluh darah mata dan menentukan apakah mungkin ada bukti tekanan darah tinggi atau bahkan diabetes.

        Rasio antara ukuran arteri retina dengan vena seharusnya kira-kira dua banding tiga.

        Jadi, jika bercak arteri jauh lebih kecil daripada vena, atau vena jauh lebih besar dan melebar, itu bisa menjadi bukti tekanan darah tinggi atau faktor risiko kardiovaskular. "Timbunan lemak dapat terlihat di mata, sebagai cincin abu-abu di sekitar bagian luar iris, bagian mata yang berwarna," tambah Taylor.

        Jika Anda mengalami tanda yang dimaksud di atas, segeralah temui ahli atau dokter terkait untuk melakukan pemeriksaan dan penanganan lanjutan.

        Baca Juga: Penderita Diabetes Harus Mulai Stop Makan Gorengan dan Ganti Kismis, Manfaatnya Dahsyat!

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Bayu Muhardianto
        Editor: Bayu Muhardianto

        Bagikan Artikel: