Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        'Jangan Percaya China di Laut China Selatan'

        'Jangan Percaya China di Laut China Selatan' Kredit Foto: Reuters/Beawiharta
        Warta Ekonomi, Washington -

        Pada KTT China-ASEAN ke-24 bulan November lalu, Perdana Menteri Partai Komunis China (PKC) Li Keqiang mengamati bahwa tahun depan menandai ulang tahun kedua puluh penandatanganan Deklarasi tentang Perilaku Para Pihak di Laut China Selatan.

        Itu adalah sebuah pernyataan prinsip dimaksudkan untuk mengatur interaksi antara negara-negara pelaut Asia Tenggara dan China untuk kepentingan harmoni regional.

        Baca Juga: Marahnya Duterte Pecah di KTT ASEAN-China: Kejadian di Laut China Selatan, Kami Benci Itu

        Para pihak dalam Deklarasi Perilaku menegaskan kembali komitmen mereka terhadap instrumen hukum seperti Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS), dan berjanji untuk “menyelesaikan sengketa teritorial dan yurisdiksi mereka dengan cara damai, tanpa menggunakan ancaman atau penggunaan memaksa ... sesuai dengan prinsip-prinsip hukum internasional yang diakui secara universal, termasuk Konvensi PBB 1982 tentang Hukum Laut.”

        Pada tahun 2002, dengan kata lain, para pihak berjanji untuk mematuhi perjanjian yang telah mereka setujui untuk dipatuhi. Sudah ada kode etik untuk Laut China Selatan. Itu disebut Konvensi PBB tentang Hukum Laut.

        Namun demikian, pernyataan niat baik bersama ini tampaknya pertanda baik bagi perdamaian dan kemakmuran di wilayah tersebut. Namun Li seharusnya berpikir dua kali sebelum menarik perhatian pada apa yang telah terjadi selama hampir dua puluh tahun sejak Deklarasi Perilaku. Peristiwa memberikan kebohongan pada kata-kata persaudaraan yang keluar dari Beijing.

        Mari kita tinjau beberapa tindakan yang telah diambil China sejak berjanji untuk menjadi tetangga yang baik di laut, seperti yang ditulis kolumnis Dr James Holmes dalam 19fortyfive.com berikut ini.

        Pada tahun 2009, rezim Komunis China mengajukan surat dan peta ke PBB yang mengklaim sebagian besar Laut China Selatan. “Sembilan garis putus-putus” yang tertulis di peta Beijing mencakup sekitar 80-90 persen dari jalur air itu, termasuk bentangan luas “zona ekonomi eksklusif” yang dibagikan kepada negara-negara tetangga di Asia Tenggara oleh UNCLOS untuk menangkap ikan dan memanen sumber daya alam dari dasar laut.

        Alasan untuk klaim boros seperti itu? Artifak arkeologi dan sejarah yang diragukan asalnya membuktikan bahwa perairan dan pulau-pulau di Laut China Selatan telah menjadi milik China sejak dahulu kala.

        Namun hukum laut --sekali lagi, sebuah piagam yang telah dipatuhi Beijing-- secara eksplisit melarang klaim historis semacam itu atas kedaulatan atas laut.

        Tidak ada yang memiliki laut; negara pantai menjalankan yurisdiksi atas air dan dasar laut hanya di bawah istilah sempit yang dijabarkan dalam UNCLOS. Namun Beijing bersikeras mengesampingkan hukum laut dengan mengorbankan sesama negara pantai. Begitu banyak profesi PKC yang setia pada perjanjian internasional yang khidmat.

        Pada tahun 2012, kapal-kapal dari badan penegakan maritim China (yang kemudian dikonsolidasikan ke dalam China Coast Guard, yang terbesar di dunia) merebut Scarborough Shoal, sebuah fitur jauh di dalam zona ekonomi eksklusif Filipina, dari Angkatan Laut dan Penjaga Pantai Filipina.

        Dengan melakukan itu, China meresmikan era “operasi zona abu-abu,” upaya bayangan di mana China berhenti menahan diri dari menembakkan rudal atau senjata namun menggunakan sebagian besar fisik kawanan kapal penjaga pantai atau kapal milisi maritim untuk “memeras” pulau-pulau yang dipegang oleh orang lain. ke dalam penyerahan.

        Baca Juga: Laut China Selatan Bergejolak, China Protes Keras ke Indonesia: Setop Pengeboran Maritim...

        Artinya, kapal-kapal yang tidak bersenjata atau bersenjata ringan mengepung fitur-fitur yang diperebutkan, menantang orang lain untuk menembus barisan pengepungan. Jika kapal-kapal Cina yang berhasil membuat garnisun kelaparan dan memasang bendera China.

        Atau --misalnya, ketika kapal survei China mengeksplorasi minyak atau gas di zona ekonomi eksklusif negara Asia Tenggara-- pemotong penjaga pantai atau kapal milisi membentuk garis pertahanan untuk menjaga agar angkatan laut atau penjaga pantai negara pantai tidak mengusir kapal survei.

        Cara-cara seperti itu membuat negara pantai memiliki tiga pilihan yang tidak menyenangkan: mundur dan kehilangan haknya; mencoba menerobos garis Cina meskipun kalah jumlah; atau menggunakan tembakan atau rudal, dicat agresor, dan kemudian harus berurusan dengan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat yang kuat.

        Dengan kata lain, China membenci metode kekerasan yang terang-terangan seperti tembak-menembak untuk memajukan tujuan geopolitiknya sambil menghindari kontroversi. Ia menggunakan kekuatan melawan pesaing yang tak tertandingi sebagai rutinitas sehari-hari meskipun mengakui kesetiaannya pada penyelesaian sengketa secara damai.

        Untuk menggambarkan komitmen Beijing terhadap prinsip-prinsip yang diabadikan dalam UNCLOS dan Deklarasi Perilaku sebagai hal-hal yang meremehkan. PKT mematuhi pakta internasional jika sesuai dengan tujuan Tiongkok dan mencemoohnya jika sesuai dengan tujuan Tiongkok.

        Mulai tahun 2013, China mulai memproduksi pulau buatan dari terumbu, atol, dan fitur bawah laut di bawah kendalinya.

        Dan setelah berjanji kepada pemerintahan Obama untuk tidak memiliterisasi kepemilikan buatannya, itu memperlengkapi mereka untuk berfungsi sebagai pangkalan pementasan ke depan untuk kapal dan pesawat militer, paramiliter, dan nonmiliter --tepatnya alat yang digunakannya untuk menggertak sesama orang Asia agar menyerahkan hak dan hak istimewa mereka di bawah UNCLOS dan perjanjian mengikat lainnya.

        Pada tahun 2016, China menolak putusan dari Pengadilan Arbitrase Permanen yang berbasis di Den Haag, sebuah pengadilan yang diberi wewenang untuk menafsirkan hukum laut, yang menjatuhkan sebagian besar klaimnya atas yurisdiksi Laut China Selatan. Sejak saat itu, negara ini bertahan dalam upayanya untuk kedaulatan laut.

        Beijing, kemudian, menggunakan kekuatan dengan cara yang tidak dramatis untuk memenuhi klaim maritimnya, sambil memegang tongkat besar angkatan bersenjata sebagai cadangan untuk berjaga-jaga. Dan hal itu terjadi terlepas dari makna sederhana dari hukum internasional yang disetujuinya, belum lagi keputusan dari pengadilan yang berwenang.

        Baca Juga: Ada Kapal Bobrok di Laut China Selatan, China Marah-marah ke Filipina

        Jika hukum laut --"konstitusi untuk lautan"--bukanlah benteng melawan pelanggaran hukum China, komitmen informal seperti Deklarasi Perilaku yang tidak dapat dilaksanakan dengan kata-kata yang samar-samar bahkan lebih kecil lagi.

        Jadi orang berharap para pemimpin Asia Tenggara tidak menipu diri mereka sendiri bahwa PKC akan mengabaikan tujuan yang dianggap paling penting dengan menyetujui Kode Etik. Tidak akan.

        Grandmaster strategis Carl von Clausewitz menjelaskan alasannya. Dia mengingatkan kita bahwa nilai yang diberikan pesaing kepada tujuan politiknya --“nilai objek”-- menentukan “besarnya” dan “durasi” upaya yang disiapkannya untuk dikeluarkan untuk mencapai tujuan itu.

        Seberapa besar kepemimpinan menginginkan tujuannya, dengan kata lain, menentukan tingkat di mana ia menginvestasikan sumber daya dalam tujuan dan berapa lama ia mempertahankan investasi.

        Jika kedaulatan Laut China Selatan sama berharganya dengan Li Keqiang, Xi Jinping & Co. seperti yang mereka katakan, mereka siap membayar mahal untuk itu. Dengan logika Clausewitzian mereka akan menginvestasikan sumber daya yang substansial dalam klaim mereka selama diperlukan. Mereka juga tidak akan tunduk pada sentimen atau hak hukum Asia Tenggara.

        Sekarang, tokoh-tokoh terkemuka China mungkin menganut Kode Etik sebagai hal yang perlu diperhatikan.

        Baca Juga: Di Laut China Selatan, China Kagetkan Dunia dengan Luncurkan Rudal Hipersonik 5 Kali Kecepatan Suara

        Langkah seperti itu dapat memberi mereka perlindungan untuk mundur taktis sementara jika mereka merasa komunitas maritim siap untuk mundur secara efektif melawan perebutan wilayah laut mereka.

        Tapi jangan salah mengartikan kemanfaatan sebagai ketulusan. Sejarah telah membuktikan, berkali-kali, bahwa komitmen PKC terhadap prinsip-prinsip luhur dapat rusak. Pimpinan menghormati mereka selama dibutuhkan, dan membuang mereka saat tidak dibutuhkan.

        Berikan penghargaan kepada Partai Komunis China untuk kesepakatan yang adil: janji para pemimpin partai sepadan dengan apa yang Anda bayar untuk mereka.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: