Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Bos Binance Bagikan Kiat-kiat untuk Bertahan di Tengah Musim Dingin Kripto

        Bos Binance Bagikan Kiat-kiat untuk Bertahan di Tengah Musim Dingin Kripto Kredit Foto: Reuters/Darrin Zammit Lupi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pendiri dan CEO Binance, Changpeng Zhao mengatakan perusahaan kripto yang ingin mengatasi pasar beruang harus menerapkan prinsip bisnis umum untuk mendukung teknologi layanan keuangan zaman baru ini. Namun, pertanyaan besar bagi banyak orang adalah kapan kripto winter berakhir?

        "Kami telah menyaksikan total kapitalisasi pasar aset kripto menurun dari lebih dari $2 triliun menjadi sekitar $1 triliun selama setahun terakhir," tulis Changpeng Zhao yang biasa disapa CZ, mengutip Yahoo Finance di Jakarta, Rabu (28/99/22). "Ini tentu saja merupakan perjalanan yang bergelombang dan masa depan bagi banyak pemain di ekosistem crypto akan ditentukan oleh bagaimana mereka menavigasi bulan-bulan yang dingin di depan."

        CZ pun membagikan rahasia yang telah ia pelajari usai melewati musim dingin crypto terakhir (2018-2020), terlebih tentang bagaimana memimpin perusahaan melalui periode volatilitas dan ketidakpastian pasar. CZ membagikan enam prinsip yang ia kerjakan.

        Baca Juga: Miliarder India Gautam Adani Sebut China Akan Semakin Terisolasi

        1. Menerapkan prinsip-prinsip manajemen risiko dasar

        Manajemen risiko dasar adalah jantung dari setiap lembaga keuangan. Dari cadangan tunai hingga protokol pinjaman, platform yang dibangun untuk sukses secara aktif memantau risiko, mengelola likuiditas, dan mengungkapkan pedoman untuk memastikan pengguna memahami eksposur mereka sendiri.

        Pinjaman kripto telah terpukul keras oleh kondisi pasar. Apakah itu pinjaman melingkar atau cadangan yang tidak mencukupi, regulator dan pengguna harus mengajukan pertanyaan tentang bagaimana mereka menyesuaikan kembali manajemen risiko sebagai industri untuk memprioritaskan konsumen daripada investor.

        2. Kelola cadangan kas untuk menjaga kepercayaan konsumen

        Perusahaan Crypto di seluruh dunia telah mengalami krisis likuiditas. Ukuran cadangan kas likuid yang dibutuhkan untuk mendukung permintaan selama pasar bearish dapat dimengerti lebih tinggi. Perusahaan perlu berinvestasi sesuai untuk memastikan mereka dapat memenuhi permintaan tanpa menurunkan harga pasar.

        Sementara itu, konsumen perlu mendidik diri mereka sendiri tentang kebijakan perusahaan, serta harus waspada terhadap asap dan cermin yang terkait dengan hasil paling mencolok, dan melakukan bisnis hanya dengan perusahaan tepercaya dengan kebijakan cadangan kas yang bijaksana.

        3. Bekerja sama dengan pembuat kebijakan untuk memajukan peraturan industri

        Ketika CZ  memulai industri ini lebih dari lima tahun yang lalu, CZ mengungkap ia telah berdedikasi untuk membangun platform dan bisnis yang baik bagi pelanggan, bukan bisnis yang berfokus pada kepatuhan terhadap peraturan. Lima tahun kemudian, sekarang CZ memahami nilai kepatuhan lebih dari sebelumnya.

        Sementara itu, beberapa di industri mungkin mengatakan bahwa bekerja untuk memajukan peraturan bertentangan dengan etos cryptocurrency dan blockchain.

        "Saya berpendapat bahwa lingkungan peraturan yang stabil hanya dapat mendukung inovasi dan sangat penting untuk membangun kepercayaan dalam industri, yang mengarah ke pertumbuhan jangka panjang," ungkap CZ. "Saya percaya industri crypto memiliki tanggung jawab mendasar untuk bekerja dengan regulator dan berbagi tujuan mereka untuk memberikan perlindungan yang lebih besar bagi pengguna sehari-hari."

        4. Prioritaskan prinsip-prinsip ini dalam kumpulan bakat Anda

        Jika manajemen risiko dan kepatuhan terhadap peraturan menjadi standar industri baru, sangat penting bagi perusahaan untuk berinvestasi dalam tenaga kerja yang sesuai dengan prioritas ini dan menetapkan standar di semua layanan keuangan, bukan hanya kripto. Sebagai pemimpin teknologi dalam layanan keuangan, kita harus menghadapi tantangan keuangan gelap.

        Crypto tidak terbiasa menjadi berita utama untuk kabar baik, dan cara terbaik untuk membalikkan narasi ini adalah dengan mendorong industri ke depan.

        "Kita perlu menetapkan tolok ukur di seluruh layanan keuangan untuk AML, KYC, geolokasi, keamanan, privasi, dan tantangan industri lainnya dengan menggunakan pengetahuan teknis dan kecerdikan yang telah berkontribusi pada pertumbuhan pesat industri kripto," ungkap CZ lagi. "Saya terus-menerus mempekerjakan profesional keamanan, manajemen risiko, dan kepatuhan dan menyarankan orang lain untuk melakukannya juga."

        5. Berinvestasi di perusahaan kuat yang membangun merek, menambah nilai, dan mendukung industri

        Perusahaan yang melewati musim dingin kripto dan siap untuk jangka panjang memiliki peluang unik untuk berinvestasi dalam vertikal pertumbuhan dalam bisnis, seperti Web3, NFT, dan banyak lagi. Investasi yang bijak akan menguntungkan industri, konsumen, dan pertumbuhan jangka panjang.

        6. Turunkan penghalang untuk masuk

        Sesuatu yang paling CZ sukai adalah menurunkan penghalang untuk masuk ke crypto bagi lebih banyak orang secara global. Proposisi nilai dan kasus penggunaan Crypto telah membuat banyak orang dari seluruh dunia memasuki ruang tersebut.

        "Tetapi jika kita serius dalam membangun infrastruktur yang dirancang untuk membuat peluang finansial dapat diakses oleh semua orang — bukan hanya segelintir orang yang memiliki hak istimewa — kita perlu memahami hambatan yang ada untuk masuk dan berupaya untuk menurunkannya melalui biaya yang lebih rendah dan pendidikan konsumen," tandas CZ.

        Ide-ide ini tidak revolusioner. Ini adalah prinsip-prinsip bisnis kuno yang telah teruji dalam pertempuran yang diajarkan oleh profesor bisnis di McGill kepada CZ.

        "Didukung oleh teknologi baru, kita dapat melewati musim dingin kripto dan menjadi lebih kuat di sisi lain. Meskipun kemungkinan ada lebih banyak volatilitas yang akan datang, saya tetap optimis pada industri kami dan percaya pada kemampuan kami untuk mempercepat kemakmuran global," tutupnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: