Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Marketing Campaign?

        Apa Itu Marketing Campaign? Kredit Foto: Unspalash/Melanie Deziel
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Marketing campaign atau kampanye pemasaran adalah tindakan terorganisir dan terencana yang dibuat untuk mencapai tujuan pemasaran bisnis.

        Tujuan pemasaran ini dapat berupa mengomunikasikan produk baru atau yang sudah ada kepada target audiens, memperkuat janji merek dan positioning merek, dan/atau memperoleh lebih banyak pelanggan untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan bagi organisasi.

        Marketing campaign juga menjadi proses di mana produk atau layanan dipromosikan menggunakan berbagai bentuk media. Media tersebut meliputi sumber daya umum seperti televisi, radio, media cetak, dan media online. Hampir semua bisnis sangat bergantung pada kampanye pemasaran untuk memberi tahu orang tentang produk dan layanan mereka. Bahkan, sebagian besar sumber daya dihabiskan untuk mengembangkan kampanye pemasaran.

        Baca Juga: Apa Itu Market Leader?

        Kampanye pemasaran tidak harus dibuat oleh tim pemasaran internal, tetapi juga dapat dibuat oleh pihak ketiga atau konsultan pemasaran. Ini mencakup penggunaan saluran komunikasi yang cerdas untuk mengomunikasikan pesan pemasaran dan penawaran untuk mendukungnya.

        "Just Do It" adalah kampanye pemasaran Nike yang paling lama berjalan. Merayakan hari jadinya yang ke-30 di tahun 2018, kampanye "Just do it" telah terbukti menjadi game-changer bagi Nike. Kampanye tersebut berhasil membuat produk Nike menarik target audience sebagai fashion statement dan bukan hanya sebagai alat olahraga.

        Kampanye tersebut menggunakan strategi pemasaran 360° dan menggunakan pesan dan slogan motivasi untuk menekankan sportivitas dan kesehatan kepada target audiens yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan penjualan produk perusahaan.

        Ada banyak cara untuk memasarkan produk dan layanan kepada pelanggan, mulai dari mengirimkan brosur hingga mengoordinasikan blitz media sosial. Perusahaan kecil dapat mengirimkan undangan melalui email ke penjualan khusus dan menawarkan produk gratis kepada setiap pelanggan yang membawa undangan. Perusahaan yang lebih besar dapat menggunakan iklan berbayar dan agensi profesional untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

        Perusahaan yang kehilangan penjualan karena pers negatif besar sering menggunakan kampanye pemasaran untuk merehabilitasi citra mereka. Salah satu contohnya adalah Chipotle Mexican Grill di AS yang diselidiki oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit setelah puluhan pelanggan jatuh sakit pada tahun 2015 karena masalah keamanan pangan terkait E. coli dan norovirus.

        Penjualan Chipotle turun 30% pada kuartal pertama 2016, dan untuk mendapatkan kembali minat pelanggan, perusahaan menawarkan kupon makanan gratis melalui surat langsung dan SMS.

        Chipotle juga menggunakan video online untuk mengumumkan hibah USD10 juta (Rp156 miliar) untuk mendukung petani lokal.

        Adapun komponen kampanye pemasaran meliputi tahap perencanaan, mengevaluasi bagaimana hasil kampanye akan diukur, menentukan target pasar, bagaimana kampanye akan disampaikan, bagaimana mencapai hasil, dan terakhir menilai seberapa baik kampanye itu dilakukan. Berikut ulasannya:

        1. Perencanaan

        Selama tahap perencanaan, penting untuk menemukan tujuan kampanye pemasaran dan memahami apa yang ingin dicapai. Setelah ini ditentukan untuk kampanye, akan lebih mudah untuk membangun visi dan memahami langkah-langkah selanjutnya yang diperlukan.

        2. Pengukuran

        Membuat kriteria pengukuran untuk dapat menganalisis secara efektif bagaimana kinerja kampanye pemasaran sangat penting. Beberapa alat ukur dapat berupa jumlah penjualan, pre-order, sentimen konsumen terhadap produk, share di media sosial, atau bagaimana kampanye dipersepsikan dalam berita.

        3. Identifikasi pasar sasaran

        Menentukan target pasar sangat penting untuk memastikan bahwa produk yang tepat sedang dipasarkan ke klien yang tepat; ini adalah salah satu landasan pemasaran. Aspek penting dalam memilih pasar sasaran adalah memahami tahap apa konsumen dalam proses pembelian.

        Jika produknya adalah teknologi inovatif baru, pasar sasaran harus dipusatkan di sekitar inovator atau pengguna awal – mereka yang mau dan ingin mencoba teknologi dan produk baru. Sedangkan jika produk memasuki ruang pasar yang berkembang, mungkin menargetkan mayoritas awal atau mayoritas akhir akan lebih baik.

        4. Penyampaian kampanye pemasaran

        Penyampaian kampanye sasaran harus sesuai dengan jenis konsumen yang menjadi sasaran. Jika target pasar terdiri dari inovator atau pengadopsi awal, mungkin penyampaian kampanye pemasaran akan lebih cocok untuk media yang berkisar pada media sosial. Sedangkan jika target pasar tidak selaras dengan teknologi, penyampaian kampanye pemasaran berteknologi rendah mungkin lebih cocok.

        5. Hasil

        Untuk dapat mencapai hasil, penting untuk sering mengacu pada tujuan yang telah ditetapkan sejak awal kampanye. Mungkin tidak ada formula yang ditetapkan untuk mencapai hasil, karena setiap kampanye pemasaran sangat bervariasi. Namun, mengkalibrasi dan mungkin mengkalibrasi ulang upaya pemasaran untuk menyelaraskan dengan tujuan sangat penting untuk mencapai hasil yang diinginkan.

        6. Penilaian kampanye pemasaran

        Setelah kampanye pemasaran mencapai hasil, lakukan penilaian hasil kampanye dan mengevaluasi efektivitasnya. Penilaian juga dapat dicapai dari sumber eksternal melalui feedback dari konsumen.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: