Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        IBM Dukung Pemkot Bandung Wujudkan 'Smarter City'

        Warta Ekonomi -

        WE Online, Bandung - IBM telah berpengalaman lebih dari 77 tahun di Indonesia? dan? merupakan perusahan teknologi informatika terdepan di dunia yang? kaya? pengalaman.? Sejak? awal? berdirinya? di? Indonesia,? IBM telah memperluas bisnisnya yang sejalan dengan perkembangan ekonomi dan kebutuhan TI? di? Indonesia. Salah satu teknologi terdepan IBM adalah IBM Intelligent Operation? Center (IOC) yang merupakan teknologi yang mengembangkan Smarter City? di? beberapa negara dunia antara lain Rio de Jeneiro, Brazil dan City of Davao, Filipina.

        Solusi? IBM? Intelligent? Operation? Center? memungkinkan sebuah kota untuk tidak? ?hanya? ?mewujudkan? ?smart? instrumentation?? tetapi? juga menjadi benar-benar? saling? terhubung? dan lebih pintar dengan melakukan integrasi pada? berbagai? layanan umum, seperti transportasi dan kondisi cuaca dengan pusat? komando? dan? kontrol yang terpusat. Pusat ini akan memonitor sistem kesehatan? di? kota-kota? besar dan mengkoordinasikan tindakan jika terjadi bencana? atau? keadaan darurat di sebuah kota. Sistem ini juga memungkinkan sebuah kota untuk menggunakan Big Data Analytics yang berfungsi memprediksi dan? mencegah? kejadian yang dapat mengganggu kualitas hidup masyarakatnya, mulai dari kemacetan lalu lintas hingga keadaan darurat.

        "Pilar? pembangunan pemerintah kota bandung adalah inovasi, kolaborasi, dan desentralisasi.? Dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat kota Bandung, pemerintah? kota? Bandung? menfasilitasi? pelayanan? publik dan peningkatan
        kinerja? internal? dengan? penggunaan? teknologi? informasi secara optimal. Dengan? cara? ini,? Pemerintah? kota Bandung akan mampu meningkatkan indeks kebahagiaan? masyarakatnya,"? ujar? Ridwan? Kamil,? Walikota? Bandung, Jawa Barat.?

        "Kami? telah? melihat? IBM? sukses? mentransformasikan kota-kota di negara? lain? menerapkan? Smarter Cities dan saya berharap kerjasama dengan IBM di Bandung juga dapat membantu penerapanan Smarter City yang pertama di Indonesia," tambahnya.

        Teknologi? dibutuhkan untuk mendukung kegiatan masyarakat di pusat kota dan pengaturan? teknologi? yang? tepat? dapat? mengatasi? lebih? banyak masalah perkotaan.? Seperti? halnya kota-kota besar lain, kemacetan lalu lintas dan transportasi? adalah? masalah? terbesar? yang dihadapi kota Bandung. Dengan penggunaan? teknologi? IBM? Intelligent Operation Center dan diintegrasikan dengan CCTV dan teknologi transportasi lainnya, masalah utama tersebut akan dapat? ditangani? dengan? lebih baik dan secara bertahap kota Bandung mampu mewujudkan Smarter City.

        "Solusi IBM Intelligent Operation Center telah digunakan oleh negara-negara lain dan dengan pengalaman kami yang luas dan mendalam di bidang teknologi, kami? yakin? kami? dapat? membantu Bandung menjadi sebuah Smarter City yang pertama? ?di? Indonesia,"? ujar Gunawan Susanto,? Presiden? Direktur? IBM Indonesia.?

        "Sebagai? kota terbesar ketiga di Indonesia dengan perekonomian yang terus tumbuh dan populasi sebesar 2,5 juta jiwa dimana 60 persen warga berusia? di? bawah? 40? tahun,? teknologi? memiliki? peranan? penting dalam perkembanganya,? untuk? itu? kami? berkomitmen? untuk membantu kota Bandung dalam menerapkan Talenta, Toleransi dan Teknologi," tambahnya.

        Pada? tahap awal implementasi solusi IBM Intelligent Operation Center, kota Bandung? akan? memanfaatkan? analisa pintar data kamera lalu lintas sebagai sumber? utama untuk pengelolaan kecelakaan, analisa volume dan pendeteksian
        pelanggaran? lalu lintas. Selain itu analisa dan proses penanganan kejadian juga? akan? di terapkan disesuaikan dengan business proses standar yang ada di lingkungan pemerintahan kota.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Achmad Fauzi
        Editor: Achmad Fauzi

        Bagikan Artikel: