Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        5 Keuntungan Menerapkan Sistem Loyalitas Pelanggan Modern

        5 Keuntungan Menerapkan Sistem Loyalitas Pelanggan Modern Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

         Di era digital yang serba cepat, inovasi dalam mengelola retention pelanggan menjadi salah satu kunci keberhasilan bisnis. Program loyalitas pelanggan kini menjadi elemen penting dalam menjaga hubungan dengan pelanggan sekaligus mendorong pertumbuhan bisnis.

        Hasil studi dari Snappy menunjukkan bahwa 70% konsumen menganggap penawaran loyalty program sebagai faktor utama dalam memilih perusahaan atau brand. Studi tersebut juga mengidentifikasi fitur-fitur utama yang membuat program loyalitas semakin menarik, di antaranya adalah reward points dan insentif, di mana konsumen lebih menyukai sistem poin yang dapat ditukarkan dengan diskon, hadiah, atau merchandise eksklusif. Selain itu, konsumen juga memilih diskon eksklusif dan kupon sebagai daya tarik tambahan.

        Menjawab kebutuhan ini, OttoPoint, layanan unggulan dari OttoDigital, hadir dengan solusi loyalty program berbasis Software as a Service (SaaS) yang membantu bisnis meningkatkan retention pelanggan secara efektif dan efisien. OttoPoint memungkinkan perusahaan dari berbagai sektor, mulai dari food & beverage, fintech, e-commerce, hingga perbankan, untuk membangun program loyalitas yang mudah disesuaikan dan inovatif. Berikut lima keuntungan utama dalam menerapkan sistem loyalitas pelanggan modern:

        1. Skalabilitas yang Fleksibel

        Sistem loyalitas pelanggan modern dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, baik untuk perusahaan yang baru berkembang maupun yang telah memiliki volume transaksi besar. Sistem tersebut memastikan perusahaan dapat bertumbuh tanpa perlu investasi besar dalam infrastruktur tambahan.

        2. Keamanan Data yang Terjamin

        Sistem loyalitas pelanggan modern juga harus mengutamakan keamanan data pelanggan. OttoPoint sudah dilengkapi dengan fitur enkripsi end-to-end, otentikasi multi-faktor, serta sertifikasi ISO 27001 dan PCI DSS. Langkah ini memberikan jaminan perlindungan data pelanggan secara menyeluruh.

        3. Integrasi yang Mudah

        Sistem loyalitas pelanggan modern harus dirancang kompatibel dengan sistem yang sudah ada. Artinya, perusahaan tidak perlu membangun sistem baru dari awal. OttoPoint menyediakan API dan plugin untuk integrasi cepat dengan berbagai platform, seperti POS, aplikasi mobile, sistem pelaporan, dan OMS (Order Management System).

        4. Efisiensi Biaya

        Melalui model SaaS, perusahaan dapat mengurangi biaya perawatan infrastruktur IT. Seluruh kebutuhan teknis dikelola oleh OttoPoint, memungkinkan perusahaan fokus pada pengembangan strategi bisnis.

        5. Pusat Penukaran Poin yang Luas

        Sebagai pelengkap, OttoPoint juga menyediakan layanan Redeem Center yang mendukung 150 merchant terkemuka di Indonesia, termasuk Permata Bank, ACE Hardware, Indomaret, MAP, Transmart, dan Kafe Betawi. Pelanggan dapat menukarkan poin mereka dengan mudah, memberikan pengalaman loyalitas yang menarik sekaligus meningkatkan nilai tambah bagi bisnis.

        OttoPoint juga memberikan fleksibilitas lebih kepada pelanggan dibandingkan sistem cashback. Dengan OttoPoint, pelanggan dapat mengumpulkan poin tanpa syarat tambahan seperti periode promo tertentu atau jumlah minimum pembelian. Sebagai contoh, sistem cashback sering kali hanya berlaku pada tanggal tertentu atau untuk pembelian dengan nominal minimum tertentu. Namun dengan poin, pelanggan bisa mendapatkan poin dari setiap pembelian tanpa batasan waktu atau nominal transaksi.

        Selain itu, OttoPoint juga memungkinkan pelanggan untuk menukarkan poin yang terkumpul dengan barang fisik seperti kulkas, handphone, atau TV, memberikan daya tarik tambahan yang jarang dimiliki oleh sistem loyalitas lainnya. Fleksibilitas ini memastikan pelanggan tetap mendapatkan manfaat, kapan pun dan dalam bentuk apa pun yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

        Chief of Product Growth and Marketing OttoDigital, Grace Sunarjo mengatakan jika OttoPoint dirancang untuk menjawab tantangan bisnis modern. Ia menambahkan, “OttoPoint bukan hanya tentang memberikan program loyalitas, tetapi juga membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Dengan dukungan ratusan merchant dan teknologi canggih berbasis SaaS, kami percaya OttoPoint dapat memberikan nilai strategis bagi perusahaan yang ingin meningkatkan loyalitas pelanggan mereka, termasuk di industri perbankan.”

        Salah satu perusahaan di industri perbankan yang menggunakan layanan OttoPoint adalah Permata Bank. Mereka memilih OttoPoint karena kemudahannya dalam integrasi ke sistem bank yang sudah ada.

        Permata Bank merupakan salah satu dari 10 bank terbaik di Indonesia yang terdepandalam digitalisasi dengan produk dan jasa inovatif. Kerja sama bersama dengan OttoPoint memberikan nilai tambah yang bermakna bagi nasabah Permata Bank yang tersebar di 61 kota di Indonesia.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Amry Nur Hidayat

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: