Mempekerjakan penjual yang cocok dengan bisnis Anda sangat penting untuk bisnis yang baik, tetapi menemukan mereka bukan hal yang mudah. Tidak banyak penjual yang mampu memasarkan bisnis Anda dengan baik.
Untuk meningkatkan skala dengan cepat, perusahaan perlu membangun tim penjualan yang hebat. Triknya adalah merekrut tenaga penjualan yang benar-benar baik. Tapi ini sulit dilakukan karena penjual sering kali pandai menjual diri.
Meskipun mungkin ia benar tentang kerangka waktu, ada beberapa kualitas yang harus dicari jika Anda ingin mencari tenaga penjualan yang benar-benar baik:
Mereka adalah Pendengar yang Baik yang Bisa Mengambil Penolakan
Tenaga penjualan yang baik adalah pendengar yang baik. Mereka benar-benar tertarik pada orang lain. Mereka tidak memonopoli pembicaraan. Pelanggan menyukai mereka dan ingin berbisnis dengan orang seperti mereka.
Tenaga penjualan yang baik juga memiliki selera humor yang baik, tidak menerima penolakan secara pribadi, dan memahami bahwa "tidak" bukanlah penolakan terhadap mereka, tetapi sebuah sinyal bahwa "produk ini tidak sesuai dengan kebutuhan kami" atau "Saya tidak punya anggaran,” atau “ sekarang bukan waktu untuk membeli,” atau sejumlah alasan lain yang berada di luar kendali mereka. Tenaga penjualan yang baik mencari peluang di mana mereka memiliki potensi tertinggi untuk memenangkan penjualan, tetapi mereka sadar mereka tidak akan bisa memenangkan semuanya.
Mereka Mempertahankan Kepercayaan
Penjual yang benar-benar baik memahami bahwa penjualan bukanlah transaksi; ini keputusan oleh pembeli untuk mempercayai penjual untuk mengirim barang/jasa yang dijanjikan. Tenaga penjualan hebat memahami ini.
Bagi mereka, itu bukan tentang mendorong produk atau layanan pada pelanggan potensial yang tidak membutuhkan atau menginginkannya. Ini tentang berbicara dengan pelanggan, menemukan kebutuhan mereka, dan kemudian memutuskan apakah produk / layanan perusahaan dapat memenuhi kebutuhan itu.
Mereka Peduli Pelanggan
Tenaga penjual terbaik berfokus pada apa yang dibutuhkan, diinginkan, dan dihargai pelanggan. Jika mereka tidak dapat menjual produk/layanan Anda kepada calon pelanggan, penjual yang baik akan mencari tahu siapa calon pelanggan, dan kemudian mencoba untuk menjualnya.
Jika itu gagal, mereka akan datang kepada Anda dan menjelaskan apa yang salah dengan produk/layanan dan modifikasi apa yang diperlukan untuk membuat produk atau layanan lebih menarik bagi pelanggan. Atau, mereka mungkin mencoba dan meyakinkan pelanggan bahwa produk/layanan Anda dapat "dimodifikasi" untuk memenuhi spesifikasi mereka, dengan kata lain, menjual sesuatu yang tidak Anda miliki. Mereka melakukan ini karena mereka ingin memenuhi kebutuhan pelanggan, dan memenangkan penjualan.
Mereka Suka Bersaing
Tenaga penjualan yang baik adalah pesaing yang baik pula. Mereka terdorong untuk mencapai tujuan, mengalahkan kinerja bulan lalu, dan menang. Ketika Anda mewawancarai seseorang, minta mereka untuk menggambarkan waktu ketika mereka berada dalam kompetisi (olahraga, musik, memasak). Minta mereka untuk memberi tahu Anda bagaimana mereka mendekati pesaing, apakah mereka menang, dan jika tidak, mengapa tidak. Jika mereka tidak bersemangat tentang kompetisi, mereka tidak mungkin menjadi penjual yang baik.
Mereka Menyimpan Skor dan Menginginkan Pengakuan
Tenaga penjual suka mencetak gol, dan menyukai "gemuruh kerumunan", yaitu pengakuan atas penilaian. Carilah penjual yang terus mengukur diri terhadap target mereka dan didorong oleh angka-angka. Mereka ingin Anda mengenali kesuksesan mereka, dan akan mengharapkan Anda untuk menyusun gaji mereka dengan pembagian yang adil berdasarkan kinerja, dengan lebih banyak pengakuan untuk penjualan di atas dan di luar tujuan mereka.
Jika Anda ingin mempertahankan tenaga penjualan yang baik, Anda harus mengukur, mengenali, dan memberi penghargaan kepada mereka. Ketika penjual yang baik berhenti, biasanya karena pelanggan tidak membeli apa yang mereka coba jual, atau mereka merasa tidak dihargai oleh kurangnya pengakuan Anda untuk hasil penjualan mereka.
Mempekerjakan penjual yang salah, atau kehilangan yang benar-benar bagus dapat menjadi penghambat nyata untuk peningkatan, jadi carilah orang-orang dengan kualitas ini, berikan umpan balik yang sesuai, dan perhatikan penjualan Anda.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: