Startup Kesehatan Asal Indonesia Ini Tingkatkan Pendanaan $65 Juta
Kurangnya jumlah dokter dan peraturan yang berbelit di Asia Tenggara mengakibatkan meningkatnya layanan kesehatan online, salah satunya HaloDoc asal Indonesia. Selama beberapa tahun terakhir, startup sejenis ini terus meningkat.
Baru-baru ini, melansir dari Entrepreneur (8/3/2019), HaloDoc baru meningkatkan dana sebesar $65 juta dalam seri B dari investor di Singapura, Korea Selatan, dan China. Putaran ini dipimpin oleh investor baru UOB Venture Management, dan investor baru lainnya termasuk Singtel Innov8, Korea Investment Partners, dan WuXi AppTec. Investor yang ada, termasuk Openspace Ventures, Clermont Group, Blibli.com dan InvestIdea, juga berpartisipasi.
Baca Juga: Bikin Bangga! Startup Kesehatan Ini Boyong Inovasi Teknologi ke Amerika Serikat!
Selain itu, Halodoc juga didukung oleh Go-Jek unicorn Indonesia. Dengan menyediakan platform layanan kesehatan digital, Go-Med.
Andre Soelistyo, presiden di Go-Jek, mengatakan Halodoc berfokus pada membuat hidup lebih baik bagi orang-orang di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara. Dua tahun lalu, raksasa perjalanan yang memanggil itu telah mengintegrasikan layanan pengiriman obat sesuai permintaan, Go-Med ke dalam aplikasi HaloDoc.
“Kami bekerja sama untuk menciptakan Go-Med, di mana layanan Halodoc tersedia untuk jutaan pengguna kami melalui aplikasi Go-Jek. Kami bangga dapat mendukung perusahaan dan tim manajemennya dan berharap dapat memperdalam integrasi antara dua platform kami,” kata Andre.
Halodoc adalah platform layanan kesehatan digital yang mencakup aplikasi seluler dan situs web yang memungkinkan pelanggan di seluruh Indonesia untuk berkonsultasi langsung dengan lebih dari 20.000 dokter berlisensi di negara ini, kapan saja, di mana saja.
Pelanggan dapat memesan tes laboratorium untuk dilakukan di rumah mereka dan menggunakan aplikasi untuk memesan obat dari 1.300 apotek yang berpartisipasi, yang dapat dikirim dalam waktu satu jam.
Startup yang didirikan pada 2016 ini mengklaim penggunaan platformnya tumbuh 2.500 persen tahun lalu, menunjukkan permintaan yang kuat untuk kenyamanan perawatan kesehatan. Ini juga telah bekerja sama dengan lebih dari 1.400 rumah sakit dan penyedia layanan kesehatan dalam kemitraan nasional untuk meningkatkan pengalaman kunjungan rumah sakit.
Baca Juga: Tokcer! Startup Kesehatan Ini Berhasil Tembus Hong Kong
Halodoc, yang dinamai “Startup Paling Inovatif di Asia pada November 2018” oleh Galen Growth Asia, sebuah organisasi yang memonitor ekosistem startup layanan kesehatan di kawasan Asia Pasifik, mengatakan akan menggunakan dana baru untuk menyempurnakan online untuk pengalaman perawatan kesehatan offline dengan rumah sakit dan mitra asuransi saat peluncurannya berlanjut pada 2019.
Jonathan Sudharta, pendiri dan kepala eksekutif Halodoc, mengatakan, “Hari ini, kami menyediakan dua juta pelanggan layanan kesehatan yang nyaman dan andal setiap bulan, yang setengahnya berada di luar Jawa. Ada potensi besar bagi teknologi untuk memperluas jangkauan perawatan kesehatan konvensional, menyediakan akses yang lebih baik bagi populasi besar nusantara.”
"Investasi strategis dan kemitraan akan memungkinkan kami untuk mempercepat upaya kami dalam membangun platform yang meningkatkan akses dan kenyamanan bagi jutaan pelanggan Indonesia," tambahnya dalam rilis yang diterima Entrepreneur.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: