Facebook mengumumkan akan melakukan perubahan penting pada algoritma di News Feed. Jejaring sosial ini akan memanfaatkan sinyal baru seperti survei pengguna untuk memprioritaskan posting-an dari teman dekat dan konten yang mungkin dianggap lebih berharga bagi pengguna.
Pergeseran ini menandai evolusi lanjutan Facebook dari platform publik ke ruang pribadi yang lebih tertutup. Dengan berfokus pada interaksi yang bermakna antara orang-orang, perusahaan media sosial ini berupaya untuk menjauhkan diri dari serangkaian masalah - polarisasi, berita palsu, pidato kebencian dan konten ekstrimis - yang telah mengikis kepercayaan publik terhadapnya selama beberapa tahun terakhir.
Melansir thenextweb, CEO Facebook Mark Zuckerberg baru-baru ini mengatakan arah perusahaan akan bergeser dari menjadi jejaring sosial tempat orang menyiarkan informasi ke sekelompok besar orang - alun-alun kota - ke layanan yang berfungsi sebagai digital yang setara dengan ruang tamu, tempat orang berkomunikasi dengan yang lebih kecil dipercaya kelompok.
Baca Juga: Salah Satu Pendiri Facebook, Chris Hughes Kritik Zuckerberg, Ini Permasalahannya
Algoritma Umpan Berita sudah menjadi faktor dalam indikator seperti seberapa sering Anda berinteraksi dengan teman tertentu, jumlah teman bersama yang Anda bagikan, dan apakah Anda menandai orang itu sebagai teman dekat.
Tetapi dengan melakukan survei untuk memperhitungkan teman-teman dan halaman yang pembaruannya benar-benar ingin Anda lihat di Umpan Berita Anda, Facebook tampaknya mengambil pendekatan seperti crowdsourcing untuk memberi peringkat pada umpan. Ini secara efektif berarti Anda akan melihat lebih banyak posting-an dari teman terdekat sebagai lawan dari kenalan jauh.
Selaras, Facebook melakukan survei untuk mencari tahu jenis tautan apa yang paling banyak terinteraksi. Jejaring sosial ini kemudian menggabungkan informasi tersebut dengan perincian lainnya tentang kiriman - seperti jenis kiriman (tautan, video, dll.), Penerbit, dan keterlibatan yang diterima - untuk memprediksi secara akurat jika Anda cenderung menemukan tautan yang berharga.
Kemungkinan besar perubahan akan berdampak pada Halaman yang membagikan clickbait. Ini mengikuti langkah serupa yang dilakukan Facebook bulan lalu untuk menyingkirkan konten yang tidak original, informasi palsu, dan bentuk lain dari 'konten garis batas' yang menurunkan – kualitas wacana secara keseluruhan – pada platformnya.
Tentu saja, menggunakan survei pengguna terdengar sangat mirip dengan pemfilteran kolaboratif, yang biasanya bekerja dengan mengekstrapolasi kesamaan antara selera pengguna untuk membuat prediksi baru. Sistem pemberi rekomendasi biasanya mengandalkan pemfilteran seperti itu untuk menyajikan rekomendasi yang disesuaikan dengan preferensi Anda. Netflix dan Amazon sudah menggunakan teknik ini untuk menyarankan judul film dan berbelanja produk tertentu.
Dengan lebih dari dua miliar pengguna aktif di platformnya, Facebook telah menjadi alat penting bagi penerbit dan pengguna. Tapi agenda untung-rugi-biaya raksasa teknologi telah menyebabkan penurunan keterlibatan pengguna dengan biaya Instagram (yang dimilikinya) dan Snapchat.
Dengan memilih posting-an dari teman terdekat pengguna dan konten lain yang mungkin disukai, perubahan tersebut dimaksudkan untuk mendorong pengguna berinteraksi dengan platform – dan membuat pengguna kembali ke Facebook untuk mendapatkan lebih banyak konten yang sama.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Agus Aryanto
Editor: Cahyo Prayogo