Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: Kekuatan Listrik Tepco Tidak Sekuat Pesaingnya untuk Alirkan Keuntungan

Kisah Perusahaan Raksasa: Kekuatan Listrik Tepco Tidak Sekuat Pesaingnya untuk Alirkan Keuntungan Tokyo Electric Power Company Holdings Incorporated. | Kredit Foto: Reuters/Nikkei Montage
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tokyo Electric Power Company Holdings Inc yang juga dikenal sebagai Tepco adalah perusahaan induk utilitas listrik Jepang yang melayani sejumlah wilayah negeri Sakura. Perusahaan listrik swasta Jepang itu telah membawahi pelayanan penyediaan tenaga listrik daerah, sehingga korporasi ini menjadi salah satu perusahaan raksasa menurut Fortune Global 500.

Pada 2020 Fortune mencatat kunci finansial perusahaan Tepco dalam Global 500. Tepco sukses mengantongi 57,40 miliar dolar AS sebagai hasil penjualan di tahun itu. Dengan perolehan ini, perusahaan dalam Global 500 sukses menempati peringkat ke-188 dunia.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: CNMB Gak Cuma Cuan, Bisnis BUMN China Ini Juga Makin Mengglobal

Sementara itu, Tepco terpaksa merugi hingga 77,8 persen. Dengan laba 466 juta dolar AS yang didapat tahun itu, bisa menandakan kondisi perusahaan tidak sedikit sehat. Dan yang terakhir, aset yang dikelola perusahaan sebesar 110,64 miliar dolar AS.

Sedikit pengantar singkat ini akan membawa penjelasan lebih lanjut para artikel ringkas tentang kisah perusahaan raksasa Tepco. Simak selengkapnya tulisan di bawah ini yang disusun oleh Warta Ekonomi pada Senin (24/5/2021).

Sebagai pengantar, sektor kelistrikan Jepang dinasionalisasi untuk pertama kali tahun 1939. Di tahun 1951, perusahaan mulai diprivatisasi atas perintah pasukan Amerika Serikat (AS)/sekutu. Tahun 1950 juga menandai waktu berdirinya industri tenaga listrik Jepang yang dipegang swasta setelah bertahun-tahun dimonopoli pemerintah.

Tujuan utama perusahaan Tepco berdiri adalah untuk memfasilitasi pemulihan yang cepat dari kehancuran infrastruktur Perang Dunia II. Di awal-awal masa pemulihan Agustus 1946, peralatan yang bertahan di sekitar 20 pembangkit listrik tenaga panas.

Setelah masa pemulihan, perusahaan harus meningkatkan kapasitas pasokannya untuk mengejar pertumbuhan ekonomi negara yang pesat dengan mengembangkan pembangkit listrik berbahan bakar fosil dan jaringan transmisi yang lebih efisien. 

Namun sejak Juni 1950 atau selama Perang Korea, sejak awal Tepco memainkan peran utama dalam memasok listrik ke Jepang. Tepco mengandalkan daya yang ditransfer dari stasiun pembangkit listrik tenaga air.

Studi tentang potensi tenaga nuklir dimulai sejak 1954, meskipun Jepang sama mandinya dengan bijih uranium seperti halnya minyak. Laboratorium penelitian TEPCO mulai menjajaki tenaga nuklir pada tahun 1955, sebelum pengesahan pada bulan Desember tahun itu Undang-Undang Dasar Energi Atom untuk memandu industri.

Sebuah entitas terpisah, Perusahaan Tenaga Atom Jepang (Japan Atomic Power Company), menyusul pada November 1957. Tepco dapat mengoordinasikan masa depan nuklirnya melalui organisasi ini dan organisasi pelengkap lainnya. 

Pada 1960-an dan 1970-an, perusahaan menghadapi tantangan peningkatan pencemaran lingkungan dan guncangan minyak. Tepco mulai menangani masalah lingkungan melalui perluasan jaringan pembangkit listrik berbahan bakar LNG serta ketergantungan yang lebih besar pada pembangkit listrik tenaga nuklir. 

Kemakmuran tahun 1960-an membawa perkembangan peralatan listrik rumah tangga dan AC. Musim permintaan puncak Tepco bergeser dari musim dingin ke musim panas, dan wilayah Tokyo membutuhkan lebih banyak tenaga tambahan.

Pada bulan Oktober 1965, sistem 50Hz di bagian timur Jepang untuk pertama kalinya dapat dengan mudah bertukar daya dengan sistem 60Hz di bagian barat Jepang melalui stasiun konverter frekuensi yang canggih di Jepang tengah. Polusi udara mencapai tingkat kritis, dan pada tahun 1967 Tepco beralih ke Indonesia untuk minyak mentah Minas bersulfur rendah.

Pada 1973, rencana pengembangan jangka panjang Tepco, yang menerapkan teknologi pembangkit listrik tenaga panas berskala besar, telah melipatgandakan kapasitas perusahaan delapan tahun sebelumnya.

Unit nuklir pertama di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Dai-ichi (Fukushima I) mulai beroperasi pada tanggal 26 Maret 1971.

Selama tahun 1980-an dan 1990-an, meluasnya penggunaan AC dan peralatan IT/OA mengakibatkan kesenjangan antara kebutuhan listrik siang dan malam. Untuk mengurangi kelebihan kapasitas pembangkit dan meningkatkan pemanfaatan kapasitas, Tepco mengembangkan pembangkit listrik tenaga air yang dipompa dan mempromosikan unit penyimpanan termal.

Di bawah kepemimpinan Hiraiwa pada 1980-an, Tepco bergerak ke ranah teknologi tinggi yang diterapkan jauh melampaui batas-batas industri tenaga listrik. Pada tahun 1980 Jepang mengadopsi Undang-Undang untuk Mempromosikan Pembangunan dan Pengenalan Energi Alternatif ke Minyak. Pada tahun 1991, Tepco mengoperasikan 13 dari 17 reaktor nuklir yang dipasang di pembangkit listrik yang beroperasi; dua lagi sedang dibangun dan satu lagi dalam tahap perencanaan lanjutan.

Pada 1991 Tepco adalah pengguna LNG terbesar di dunia (bersama dengan LPG). Pangsa LNG dalam campuran bahan bakar tenaga termal Tepco meningkat dari 10% pada tahun 1973 menjadi 56 persen pada tahun 1991.

Tepco membeli dari pemasok yang tersebar di Alaska, Brunei, Abu Dhabi (Pulau Das), Malaysia, Indonesia, dan Australia. Melalui rumah dagang seperti Mitsubishi Corporation dan Mitsui & Company, tampaknya Tepco akan memiliki akses ke sumber daya LNG Rusia di Pulau Sakhalin, dan mungkin di daratan Siberia jika Rusia menindaklanjuti undangan untuk pembangunan bersama dengan Jepang.

Minyak telah menyusut dari 47 persen dari total fasilitas pembangkit Tepco pada tahun 1970 menjadi 21 persen pada tahun 1990, dan diproyeksikan menyusut menjadi 15 persen pada tahun 2000 bahkan sebelum Perang Teluk menimbulkan kekhawatiran baru tentang stabilitas pasokan. 

Tenaga air, yang mewakili 88 persen pasokan pada tahun 1952, tahun pertama operasi penuh perusahaan, telah mendatar sekitar 9 persen. Mereka bertahan untuk fluktuasi permintaan beban puncak dalam strategi tenaga nuklir untuk "beban dasar" dan LNG untuk "beban menengah".

Batubara telah dikembalikan ke daftar bahan bakar dengan penyamaran yang tidak terlalu berpolusi, sebagian karena teknologi baru seharusnya memungkinkan untuk mulai membeli batubara Amerika dan lainnya serta Australia sebagai langkah penyeimbang perdagangan.

Sementara itu tahun 2007, Tepco terpaksa menutup Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Kashiwazaki-Kariwa setelah gempa bumi Niigata-Chuetsu-Oki. Tahun itu mencatat kerugian pertama dalam 28 tahun. Kerugian perusahaan terus berlanjut sampai pabrik dibuka kembali pada tahun 2009.

Tepco dapat menghadapi kerugian khusus sebesar 2 triliun yen (23,6 miliar dolar AS) dalam tahun bisnis saat ini hingga Maret 2012, dan pemerintah Jepang berencana untuk menempatkan Tepco di bawah kendali negara yang efektif untuk menjamin pembayaran kompensasi kepada orang-orang yang terkena dampak kecelakaan itu. Bencana Fukushima mengungsi 50.000 rumah tangga di zona evakuasi karena kebocoran bahan radioaktif ke udara, tanah dan laut.

Pada Juli 2012, Tepco menerima 1 triliun yen dari pemerintah Jepang untuk mencegah perusahaan runtuh untuk memastikan listrik masih disuplai ke Tokyo dan kota sekitarnya, dan untuk dekomisioning Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi.

Manajemen Tepco kemudian mengajukan proposal kepada pemegang sahamnya agar perusahaan tersebut dinasionalisasi sebagian. Perusahaan Kompensasi Kerusakan Nuklir dan Fasilitasi Penonaktifan kemudian menjadi pemegang saham mayoritas untuk mengawasi kerusakan dan dekomisioning pembangkit listrik. Total biaya bencana itu diperkirakan mencapai 100 miliar dolar AS pada Mei 2012.

Baru-baru ini, Tepco diharapkan memainkan peran kunci dalam mencapai target Jepang untuk pengurangan emisi karbon dioksida di bawah Protokol Kyoto. Pemerintah juga menghadapi kesulitan terkait tren deregulasi di industri kelistrikan Jepang serta pertumbuhan permintaan tenaga listrik yang rendah.

Mengingat keadaan ini, Tepco meluncurkan kampanye promosi penjualan ekstensif yang disebut 'Switch!', Mempromosikan rumah serba listrik untuk mencapai penggunaan kapasitas pembangkitan yang lebih efisien sekaligus mengikis pangsa pasar perusahaan gas.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: