Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: Allstate, Pebisnis Asuransi AS yang Dianggap Eksklusif

Kisah Perusahaan Raksasa: Allstate, Pebisnis Asuransi AS yang Dianggap Eksklusif AllState Company. | Kredit Foto: Getty Images/Brett Hondow
Warta Ekonomi, Jakarta -

The Allstate Corporation adalah perusahaan asuransi Amerika Serikat dan salah satu yang terkaya menurut Fortune Global 500. Ia meraih tempat sebagai salah satu perusahaan raksasa tahun 2020 berkat pendapatannya sebesar 44,67 miliar dolar AS.

Melansir Fortune, Allstate sukses mengumpulkan pendapatan (revenue) 44,66 miliar dolar dengan pertumbuhan sekitar 12,2 persen tahun itu. Laba bersih yang dikantongi perusahaan pun meroket sekitar 115,2 persen atau menjadi 4,84 miliar dolar. Sementara asetnya tercatat di angka 119,95 miliar dolar. Capaian perusahaan dari kekuatan finansialnya cukup baik, tak heran jika namanya masih ada dalam daftar tersebut.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: BHP Group, Konglomerat Tambang, Logam, dan Minyak Bumi dari Australia

Allstate bisa dibilang sebagai satu dari sekian perusaaan AS yang bisa tumbuh pada tahun 2020. Banyak faktor yang membuat capaian perusahaan berhasil diraih. Namun bagaimanakah proses tumbuhnya perusahaan raksasa Allstate?

Warta Ekonomi pada Kamis (16/9/2021) mengutip sejumlah sumber yang digunakan untuk menyusun artikel perusahaan raksasa sebagai berikut.

Perusahaan Allstate didirikan tahun 1931. Ia berdiri dengan persetujuan Dewan Sears, Roebuck & Co. menyetujui gagasan tersebut. 

Pada tanggal 17 April 1931, raksasa ritel itu mulai menawarkan asuransi mobil melalui surat langsung dan melalui katalog Sears. Tiga tahun kemudian, Allstate membuka kantor penjualan asuransi mobil permanen pertamanya di toko Chicago Sears.

Pada 1930-an, Allstate menjadi salah satu perusahaan pertama yang menciptakan sistem klasifikasi tarif yang canggih, memberikan tarif yang lebih baik kepada pengemudi yang aman. Ini adalah awal dari sejarah panjang advokasi konsumen.

Allstate mulai menambahkan lebih banyak produk asuransi ke dalam pembukuannya pada 1950-an. Pada tahun 1954, perusahaan mulai menawarkan asuransi kebakaran, dan pada tahun 1957 mulai menjual asuransi pemilik rumah dan jiwa. Pada tahun 1953, Allstate mulai menjual asuransi ke Kanada dan Perusahaan Asuransi Allstate Kanada didirikan pada tahun 1964.

Seperti yang dilaporkan Allstate, “Pada 1960-an, kami membantu meloloskan undang-undang bersejarah untuk menyelamatkan nyawa dengan mewajibkan penggunaan sabuk pengaman. Pada 1970-an dan 1980-an, kami menganjurkan manfaat keamanan dari kantong udara. Kami terus mengambil sikap publik tentang isu-isu yang penting bagi konsumen, mulai dari kesiapsiagaan bencana hingga mengemudi yang aman bagi remaja.”

Perusahaan asuransi menjadi perusahaan publik pada tahun 1993 ketika Sears menjual 19,8 persen dari perusahaan, dan, pada tahun 1995, Allstate menjadi sepenuhnya independen setelah Sears mendivestasikan sisa sahamnya kepada pemegang saham Sears.

Secara umum, Allstate menawarkan produk asuransi mobil, asuransi pemilik rumah, asuransi jiwa dan produk investasi lainnya termasuk perencanaan pensiun, anuitas dan reksa dana. Produk jalur pribadi lainnya yang dijual di bawah merek Allstate termasuk penyewa, kondominium, pemilik, perahu, payung, dan polis asuransi rumah produksi. Perusahaan juga menawarkan produk asuransi komersial untuk pemilik usaha kecil.

Semua produk merek Allstate dijual terutama melalui agen eksklusif Allstate dan melayani pelanggan yang lebih menyukai saran dan layanan pribadi lokal.

Pada tahun 1999, Allstate meluncurkan model bisnis baru yang menciptakan kontrak tunggal untuk agen eksklusif dan independen yang menjual asuransi Allstate. Pada tahun yang sama, ia menandatangani kontrak 10 tahun dengan desa Rosemont, Illinois untuk memperoleh hak penamaan dan merenovasi Rosemont Horizon. Di tahun ini pula Allstate membeli divisi personal lines CNA Financial dan kemudian menamainya menjadi Encompass Insurance Company yang ditulis oleh agen asuransi independen, berlawanan dengan penulisan langsung yang merupakan bagian inti dari bisnisnya.

Semua produk merek Allstate tersebut dijual terutama melalui agen eksklusif Allstate dan melayani pelanggan yang lebih menyukai saran dan layanan pribadi lokal. Pada akhir tahun 2016, perusahaan mengklaim memiliki 12.200 agen Allstate dan perwakilan keuangan di AS dan Kanada. Perusahaan asuransi menggambarkan setiap agen sebagai "bisnis kecil di komunitas lokal, berusaha untuk menjadi penasihat tepercaya bagi pelanggan Allstate."

Allstate tetap menjadi perusahaan besar, dan dengan pendapatan 2018 sebesar 39,8 miliar dolar. Allstate berada di peringkat 79 dalam daftar Fortune 500 2019 dari perusahaan AS terbesar berdasarkan total pendapatan.

Kampanye iklannya saat ini, yang digunakan sejak tahun 2004, menanyakan, "Apakah Anda berada di tangan yang tepat?",  memanfaatkan iklan sebelumnya yang sudah mapan yang menampilkan hunian bergaya pinggiran kota, dipeluk secara protektif dalam sepasang tangan manusia yang mungkin raksasa.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: