Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kolesterol Tinggi Makin 'Ngamuk' Bila Sering Konsumsi Ini

Kolesterol Tinggi Makin 'Ngamuk' Bila Sering Konsumsi Ini Kredit Foto: Unsplash/Markus Winkler
Warta Ekonomi -

Yang punya masalah dengan kolesterol, mohon jangan abai dengan sejumlah makanan ini. Bila terlalu sering konsumsi ini, kolesterol tinggi bisa makin menggila. 

Lalu, apa saja makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi? Dilansir dari laman Health Line, Selasa (26/10/2021), berikut lima di antaranya.

1. Keju

Dalam 1 ons (28 gram) keju menyediakan 27 mg kolesterol atau sekitar 9 persen RDI.

Meskipun keju sering dikaitkan dengan peningkatan kolesterol, beberapa penelitian menunjukkan bahwa keju penuh lemak tidak berdampak negatif terhadap kadar kolesterol.

Baca Juga: Penting untuk Perawatan Diabetes, Sampai Kapan Penderita Diabetes Harus Suntik Insulin? Ternyata…

Berbagai jenis keju memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, tetapi kebanyakan keju menyediakan kalsium, protein, vitamin B, dan vitamin A dalam jumlah yang baik.

2. Telur

Telur salah satu makanan paling bergizi yang bisa Anda konsumsi hampir setiap hari.

Makanan ini juga tinggi kolesterol, dengan satu telur besar memberikan 211 mg kolesterol atau 70 persen dari reference daily intakes (RDI).

Sebagian orang menghindari memakan telur karena kolesterolnya yang tinggi.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa telur tidak berdampak negatif terhadap kadar kolesterol dan makan telur utuh dapat menyebabkan peningkatan HDL.

Fungsinya sebagai pembersih kolesterol berlebih yang berguna untuk melindungi jantung.

Baca Juga: Makan Camilan Malam Hari untuk Penderita Diabetes Boleh Kok, Tapi…

Selain kaya kolesterol, telur merupakan sumber protein yang sangat baik untuk diserap serta sarat akan nutrisi bermanfaat seperti vitamin B, selenium, dan vitamin A.

3. Makanan Cepat Saji

Mengonsumsi makanan cepat saji merupakan faktor risiko utama untuk berbagai penyakit kronis termasuk penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Anda yang sering mengonsumsi makanan cepat saji cenderung memiliki kolesterol lebih tinggi, lebih banyak lemak perut, tingkat peradangan yang lebih tinggi, dan gangguan regulasi gula darah.

4. Jeroan

Ada jeroan yang kaya kolesterol. Ini berpengaruh terhadap organ tubuh seperti jantung, ginjal, dan hati.

Misalnya, jantung ayam adalah sumber antioksidan kuat CoQ10 yang sangat baik, serta vitamin B12, zat besi, dan seng.

Baca Juga: Penting! Mari Mengetahui Risiko Koma Diabetes Agar Anda Bisa Lebih Waspada

Jeroan juga tinggi kolesterol, dengan 2 ons (56 gram) yang menyediakan 105 mg kolesterol atau 36 persen RDI.

Dalam sebuah studi, lebih dari 9.000 orang dewasa Korea menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi daging mentah yang tidak diproses dalam jumlah sedang, termasuk daging jeroan, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung.

5. Yoghurt

Bagi yang sedang diet, tentu sudah tidak asing lagi dengan yoghurt yang menjadi makanan wajib.

Ternyata susu yang telah difermentasi ini memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi lho.

Selain itu, terdapat berbagai macam nutrisi di dalamnya seperti protein, kalsium, fosfor, vitamin B, magnesium, seng, dan kalium.

Satu cangkir (245 gram) yoghurt penuh lemak mengandung 31,9 mg kolesterol, atau 11 persen RDI. (*)

Baca Juga: Bikin Ngeri! Hanya Butuh 3 Hari Tidak Aktif Bergerak Anda Mengambil Satu Langkah Menuju Diabetes

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel: