Skenario Rizal Ramli Bisa Bikin Indonesia Wow, Terobosannya Top

Skenario Rizal Ramli Bisa Bikin Indonesia Wow, Terobosannya Top Kredit Foto: Instagram/Rizal Ramli

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul memberi tanggapan terkait niat mantan Menteri Koordinator Perekonomian Rizal Ramli untuk ikut dalam kontestasi politik 2024.

Menurutnya, hal tersebut mustahil bisa teralisasikan. Sebab, presidential treshold menjadi penghalang yang kuat sebagai penjegal niatan tokoh senior tersebut.

Namun demikian, dirinya mengapresiasi niat Rizal Ramli. Pasalnya, mantan bawahan Gus Dur tersebut ingin agar ada calon presiden alternatif demi demokrasi yang lebih baik.

Baca Juga: Refly Harun Blak-blakan, Rizal Ramli Bisa Maju Pilpres 2024

"Karena memang kelebihan dari apa yang diusung oleh Rizal Ramli ini adalah bagaimana menemukan pemimpin yang terbebas dari politik transaksional," ujar Adib kepada GenPI.co, Selasa (30/11).

Meskipun menganggap hal tersebut dirasa mutahil, namun Adib masih mengapresiasi langkah Rizal Ramli yang berpotensi membuat Indonesia lebih terbuka, berkompeten, dan berintegritas dalam menemukan pemimpin.

"Karena memang Indonesia ini tidak bisa lepas dari demokrasi, koalisi, dan politik transaksional. Jadi, menurut saya, hal ini hanyalah sebuah dinamika demokrasi saja," ungkapnya.

Oleh karena itu, menurutnya, niatan Rizal Ramli untuk mencalonkan diri sangat baik mengingat Indonesia merupakan negara demokrasi yang memperbolehkan siapa saja berpendapat.

Khususnya untuk mendapatkan pemimpin di masa yang akan datang.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini