Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mantan Kepala LBM Eijkman: Penelitian Harus Bersifat Independen

Mantan Kepala LBM Eijkman: Penelitian Harus Bersifat Independen Kredit Foto: Pexels/Kampus Production
Warta Ekonomi, Jakarta -

Mantan Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman periode 2014-2019 Prof. Dr. Amin Soebandrio menegaskan penelitian harus independen.

"Penelitian harus memiliki independensi. Walaupun tentu ada beberapa peraturan yang mengikatnya, tapi peneliti harus memiliki kebebasan," ujar Amin dalam Diskusi Publik Narasi Intitute bertajuk "Persoalan Tata Kelola BRIN dan Masa Depan Birokratisasi Penelitian dan Ilmu Pengetahuan Indonesia", Jumat (7/1/2022).

Baca Juga: Peneliti Non-PNS Eijkman Dilepas, Mantan Kepala LBM Eijkman: Itu Suatu Kemunduran

Amin menjelaskan topik penelitian dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah keingintahuan peneliti itu sendiri. "Tinggal nanti apakah penelitian itu bisa menjawab permasalahan yang ada di masyarakat atau tidak, tergantung pada prioritasnya," tuturnya.

Terkait hal ini, ia menggarisbawahi keberhasilan penelitian tidak bergantung pada apakah hipotesis dalam penelitian terbukti atau tidak. Artinya, apapun hasil yang ditemukan, penelitian tetap berhasil.

"Penelitian, apapun hasilnya, harusnya tidak boleh dibilang gagal. Gagal itu kalau ada force majeure, misalnya ada hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan hasil penelitian memang tidak selalu sesuai keinginan, namun hal tersebut bukan sebuah kesalahan.

"Hasilnya tidak selalu sesuai keinginan, dan itu tidak boleh disalahkan," tandasnya.

Baca Juga: Setelah Aceh, Riau Juga Tak Berikan Izin Lokasi Acara Anies, Celetukan Ini Ngeri: Segera Nyatakan Indonesia Berhenti Sebagai Negara…

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: