Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Partainya Amien Rais Rajin Kritik Keras 'Duo' Jokowi dan Luhut, Orang PDIP: Menu Utama Mereka!

Partainya Amien Rais Rajin Kritik Keras 'Duo' Jokowi dan Luhut, Orang PDIP: Menu Utama Mereka! Kredit Foto: SINDONews
Warta Ekonomi -

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tidak ambil pusing atas kritik pedas yang dilayangkan pendiri Partai Ummat, Amien Rais terhadap Pemerintahan Jokowi. Partai penguasa ini menilai, mengkritik adalah cara jitu partai baru agar eksis di dunia politik.

“Jadi, untuk partai-partai baru, kritik keras bahkan pedas kepada Pemerintah, merupakan menu utama aktivitas politik mereka,” kata politisi PDIP, Hendrawan Supratikno kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Pernyataan ini, merupakan tanggapan atas kritik Amien Rais saat berpidato di acara Milad 1 Partai Ummat, Minggu (17/4). Amien mendesak Pemerintahan Jokowi berakhir di 2024, hingga mendesak Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan untuk mundur.

Hendrawan menganalisa, Partai Ummat sedang memposisikan diri berseberangan dengan induk awalnya yaitu Partai Amanat Nasional (PAN). PAN, menjadi partai terakhir yang masuk ke dalam gerbong koalisi Pemerintah. Partai Ummat dianggap ingin berbeda.

Baca Juga: Pesan Amien Rais Menggelegar: Saya Harap Demo Mahasiswa Seluruh Indonesia Terus Digelar...

Menurutnya, Partai Ummat sedang berupaya sedapat mungkin membangun antitesa terhadap apa yang dilakukan PAN. Termasuk mengkritik Pemerintah, karena di dalamnya terdapat PAN. Dia menduga cara ini sebagai strategi Partai Ummat agar eksis sebagai partai baru.

Dikatakan, PDIP biasa saja menyikapi hal ini. Terlebih, Indonesia menganut sistem demokrasi. Termasuk, meminta menteri untuk mundur karena dianggap tidak layak. Namun, urusan tersebut hak preogratif presiden yang tidak bisa diintervensi siapapun.

“Soal desak mendesak, itu juga soal biasa dalam politik. Namun kita juga tahu, mengangkat atau memberhentikan menteri merupakan hak prerogatif Presiden,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais kembali melemparkan kritik terhadap Pemerintah. Kali ini, sasarannya adalah Presiden Jokowi dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Tokoh reformasi itu menganalogikan bangsa ini dipimpin rezim Jokowi-Luhut.

“Saya ingin membuat rekomendasi untuk rezim Jokowi-Luhut, pertama seyogianya Pak Luhut segera mengundurkan diri,” kata Amien, di acara Milad 1 Tahun Partai Ummat, yang disiarkan langsung di akun YouTube Partai Ummat, Minggu (17/4).

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan