Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sawit Sumbermas Sarana Kantongi Dana Segar Rp3,6 Triliun dari Pembiayaan Sindikasi

Sawit Sumbermas Sarana Kantongi Dana Segar Rp3,6 Triliun dari Pembiayaan Sindikasi Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) memperoleh dana segar dari pinjaman kredit senilai Rp3,6 triliun. Hal ini setelah perseroan menandatangani kesepakatan pembiayaan sindikasi yang dipimpin oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) dan PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk (BRIS) sebagai Joint Mandated Lead Arranger & Bookrunner (JMLAB). 

CEO SSMS Nasarudin Bin Nasir mengatakan jika rencananya fasilitas pembiayaan sindikasi yang diberikan kepada Perseroan akan digunakan untuk melakukan pembelian kembali seluruh atau sebagian Global Bond SSMS, senilai US$300 juta.

”Penandatanganan pembiayaan sindikasi ini menjadi sejarah bagi SSMS dalam perjalannya, Perseroan sangat mengapresiasi kepada seluruh Bank Peseerta Sindikasi yang turut memberikan pinjaman, hal ini guna merealisasikan pembelian kembali seluruh atau Sebagian obligasi atau Global Bond yang telah diterbitkan oleh Perseroan pada tahun 2018,” ujar Nasarudin, dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (29/8/2022). 

Baca Juga: Sebagai Pelaku Industri Sawit Nasional, SSMS Berhasil Sulap Area Konservasi Jadi Taman Nasional

Menurutnyaa, langkah ini menjadi strategi alternatif pembiayaan yang lebih baik bagi Perseroan untuk menggantikan skema yang saat ini, Perseroan terus berinovasi guna keberlanjutan usaha dan memberikan yang terbaik bagi seluruh pemangku kepentingan.

Pada kesempatan yang sama, CFO SSMS Jap Hartono menjelaskan bila fasilitas pembiayaan tersebut bermanfaat bagi keberlanjutan bisnis kinerja SSMS yang semakin meningkat, sehingga diperkirakan dengan adanya fasilitas ini kinerjanya lebih optimal. “Perseroan akan lebih leluasa bergerak demi menghasilkan yang terbaik,” ucap Jap. 

Baca Juga: BSI Pimpin Pembiayaan Sindikasi Syariah Rp 1,34 T di Proyek Jalan Tol Semarang-Demak

Setelah kredit sindikasi ini, SSMS akan mengkaji untuk segera melakukan pembelian kembali (buyback) seluruh atau Sebagian global bond Perseroan yang diterbitkan melalui anak usahanya yaitu SSMS Plantation Holding Pte. Ltd., senilai US$300 juta pada 24 Januari 2018 yang lalu.

Sementara itu, Direktur Institutional & Wholesale Business Bank BRI, Agus Noorsanto menyampaikan bahwa pembiayaan sindikasi ini merupakan komitmen perbankan untuk mendukung Pemerintah dalam pemberian pembiayaan kepada kategori usaha green sector. 

“Kami berharap penandatanganan perjanjian pembiayaan sindikasi ini dapat menjadi sebuah momentum positif bagi seluruh pihak dan memberikan manfaat yang optimal bagi Group Usaha SSMS dalam menjaga produktifitas dan peningkatan kualitas ekspor, serta terbentuknya sinergi yang baik guna mendukung Visi perusahaan yang beriringan dengan semangat kami untuk memberi makna Indonesia.

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Bagikan Artikel:

Video Pilihan