Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Selain Olahraga, Faktor Durasi Tidur Penting untuk Kesehatan Jantung

Selain Olahraga, Faktor Durasi Tidur Penting untuk Kesehatan Jantung Kredit Foto: Pexels/freestocks.org
Warta Ekonomi -

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Mulanya, ada tujuh hal yang diketahui dapat memengaruhi kesehatan jantung. Namun, data terbaru menunjukkan ada satu hal lagi yang juga penting bagi kesehatan jantung. Hal tersebut adalah durasi tidur.

Kedelapan hal yang dinilai dapat membantu memelihara kesehatan jantung ini dikenal sebagai Life's Essential 8. Tujuh di antaranya adalah:

- Pola makan

- Indeks massa tubuh

- Paparan nikotin

- Lipid darah

- Gula darah

- Tekanan darah

- Latihan fisik.

Menurut metrik tidur terbaru, tidur yang berkualitas juga turut memainkan peran penting bagi kesehatan tubuh secara umum dan juga kesehatan kardiovaskular. Hal ini menunjukkan bahwa tidur bukanlah sekAdar aktivitas relaksasi.

"Durasi tidur sekarang dianggap sebagai komponen esensial dari kesehatan jantung dan otak yang esensial," ungkap tim peneliti melalui jurnal Circulation, seperti dilansir Express, Jumat (1/7/2022).

Menurut penelitian, tidur bisa memberikan manfaat yang optimal bagi kesehatan jantung bila dilakukan dengan durasi yang tepat. Durasi tidur yang ideal untuk mendapatkan manfaat kesehatan jantung bagi orang dewasa adalah tujuh hingga delapan jam per malam.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Boyke P. Siregar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan