Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wajib Tahu! Tips Cegah Serangan Jantung di Usia Muda

Wajib Tahu! Tips Cegah Serangan Jantung di Usia Muda Kredit Foto: Republika
Warta Ekonomi -

Aktor TV India dan pemenang Bigg Boss 13,  Sidharth Shukla, meninggal dunia pada usia 40 tahun. Rumah Sakit Cooper Mumbai mengonfirmasi kematian Shukla akibat serangan jantung masif di pagi hari.

Kepala dan konsultan senior spesialis jantung di Rumah Sakit Sharda, Greater Noida, di India, dr Subhendu Mohanty mengatakan, gagal jantung dan serangan jantung kini lebih umum pada kelompok usia lebih muda daripada 10-15 tahun yang lalu. Dalam dua tahun terakhir ini, telah terjadi peningkatan insiden.


Baca Juga: Wajib Tahu! Ganas dan Berbahaya: Yuk Lebih Mengenal Pneumonia


"Kami telah melihat serangan jantung pada usia 18 dan 20 juga,” kata Mohanty, dilansir The Indian Express, Rabu (8/9).

Apa penyebabnya? Mohanty mengatakan, salah satu alasan paling utama adalah meningkatnya prevalensi merokok di kalangan anak muda. Kedua, penyebabnya adalah tekanan mental tinggi yang dialami sebagian besar profesional muda. Faktor ketiga adalah penurunan aktivitas fisik dan gaya hidup.

Beberapa penggemar kebugaran juga diketahui mengonsumsi steroid. Apakah itu bisa menyebabkan serangan jantung juga?

"Secara teoretis mungkin, tetapi kami belum melihat terlalu banyak kasus serangan jantung yang disebabkan oleh asupan steroid,” ujar Mohanty.

Namun, Mohanty mengatakan ada beberapa kasus di mana orang muda yang mengonsumsi suplemen mengalami serangan jantung, tetapi itu tidak terlalu umum. Mohanty membagikan lima tip mencegah serangan jantung.

Baca Juga: Medsos Hingga WhatsApp Tim Redaksi Narasi Diretas, Sosok Ini Dicurigai Pelakunya

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Bayu Muhardianto

Advertisement

Bagikan Artikel: