Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Laporan Terhadap Brigadir J Tak Terbukti, Putri Candrawathi Terancam Susul Ferdy Sambo Masuk Bui

Laporan Terhadap Brigadir J Tak Terbukti, Putri Candrawathi Terancam Susul Ferdy Sambo Masuk Bui Kredit Foto: Dok Instagram Kadiv Propam Polri/JPNN
Warta Ekonomi, Jakarta -

Putri Candrawathi membuat babak baru kasus kematian Brigadir J telah terbuka lantaran laporan dugaan pelecehan yang dilontarkannya ternyata dibatalkan gegara tak ada bukti kuat atas kejadian hal tersebut.

Walau sampai saat ini status hukum Istri Ferdy Sambo itu belum ditentukan, dirinya diketahui dapat dijerat hukum apabila terbukti berbohong apalagi terlibat dengan skenario pembunuhan.

Baca Juga: Drama Kasus Brigadir J dan Ferdy Sambo, Akademisi Ingatkan Kabareskrim: Jangan Berlarut-larut seperti Sinetron

"Terkait dengan kejadian Istri Ferdy Sambo, apabila memang hal yang disampaikan tidak terjadi, maka ada pidana yang dapat dikenakan terhadap orang yang memberikan keterangan palsu," terangnya kepada Fajar.co.id pada Ahad (14/8/2022).

Pakar Hukum Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Dr. Rahman Syamsuddin menilai kepolisian menduga bahwa apa yang disampaikan itu tidak benar serta dianggap mengaburkan kasus pembunuhan oleh Ferdy Sambo.

Doktor lulusan Unhas itu menambahkan, sebagaimana diatur dalam Bab IX tentang Sumpah Palsu dan Keterangan Palsu, Pasal 242 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (“KUHP”).

"Barang siapa dalam keadaan di mana undang-undang menentukan supaya memberi keterangan di atas sumpah atau mengadakan akibat hukum kepada keterangan yang demikian, dengan sengaja memberi keterangan palsu di atas sumpah, baik dengan lisan atau tulisan, secara pribadi maupun oleh kuasanya yang khusus ditunjuk untuk itu, diancam dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun," ujar Dr. Rahman.

Suatu keterangan adalah palsu, lanjutnya. Apabila sebagian dari keterangan itu adalah tidak benar, terkecuali jika ini adalah sedemikian rupa sehingga dapat diperkirakan bahwa hal itu tidak sengaja diberikan dalam memberikan keterangan palsu.

Baca Juga: PR Besar Bagi Institusi Polri Usai Adanya Kasus Brigadir J dan Ferdy Sambo, Pakar UI: Lembaga Ini Diuji

"Terkait keterangan palsu Istri Ferdy Sambo, semuanya akan dibuktikan melalui mekanisme pembuktian di pengadilan," pungkasnya.

Baca Juga: UMP Jateng Rp1,9 Juta, Ganjar Pranowo Disentil: Buruh dan Rakyat Jateng Aja Tak Sejahtera, Gimana Mau jadi Presiden!

Baca Juga: Pendukungnya Sebut Anies Kerap Diserang Isu Hoaks, Waketum Partai Garuda Sentil: Jika Tidak Mampu Menari, Jangan Salahkan Lantainya

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.co.id.

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: