Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Galakkan Penggunaan Bahasa Santun, Kemdikbudristek Gelar Seminar Literasi

Galakkan Penggunaan Bahasa Santun, Kemdikbudristek Gelar Seminar Literasi Kredit Foto: Imamatul Silfia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Hafidz Muksin, memaparkan bahwa bahasa bukan sekadar sekumpulan kata atau seperangkat kaidah tata bahasa, melainkan khazanah berbagai refleksi pemikiran, pengetahuan, dan nilai-nilai yang dianut penuturnya. Komunikasi yang santun diwujudkan dengan penggunaan bahasa yang tidak menimbulkan konflik, rasa ketersingungan, dan kemarahan bagi pihak pendengar.

"Kesantunan berbahasa ini penting karena terkait dengan bagaimana menciptakan sumber daya manusia yang unggul, yaitu pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila," ujar Hafidz dalam Seminar Literasi Nasional Perpustakaan sebagai Pusat Literasi Menuju Gerbang Dunia di Bobotsari pada Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: Kemendikbudristek Kenalkan Budaya Bali pada Delegasi Negara Anggota G20

Hafidz menjelaskan bahwa bahasa yang disampaikan oleh penutur kepada mitra tutur semestinya memenuhi nilai kesantunan, karena budaya Indonesia adalah budaya santun. Kesantunan saat berbicara juga harus sesuai dengan yang ada di dalam hati nurani serta tidak akan menimbulkan celah-celah konflik.

"Jangan sampai sebuah kata terucap sebelum dicerna oleh akal kita. Sekali ucapan itu terlempar dan menyakiti hati orang lain maka akan membuat luka. Itu pentingnya kesantunan harus kita jaga," jelas Hafidz.

"Saya ingin mengajak penerapan tiga ng, yaitu ngerti, ngrasa, dan nglakoni. Dimulai dari mengerti, memahami, menerima, melakukan, dan membiasakan sebagai tahapan mewujudkan generasi muda yang berkarakter dan budi pekerti luhur," tambah Hafidz.  

Budaya Literasi masih Rendah

Minat baca anak Indonesia masih rendah berdasarkan data berada di urutan 60 dari 61 negara versi The World's Most Literate Nations (WMLN), 2016. Indeks aktivitas literasi membaca tingkat nasional juga masih berada pada kategori rendah. 

Baca Juga: Mendikbud Sebut RUU Sisdiknas Bakal Perbesar Peran Kampus

Hal itu terutama dipengaruhi dimensi akses terhadap bacaan dan dimensi budaya membaca masih rendah. Literasi masyarakat di Jawa Tengah juga masih tergolong rendah. Berdasarkan data budaya literasi Provinsi Jawa Tengah pada Indeks Pembangunan Kebudayaan (IPK) tahun 2020 berada di peringkat 18 dari 34 provinsi.

Menyadari hal tersebut, Badan Bahasa sebagai salah satu unit utama di Kemendikbudristek mengusung tiga program prioritas, yakni (1) literasi kebahasaan dan kesastraan, (2) revitalisasi Bahasa daerah, (3) internasionalisasi Bahasa Indonesia. 

"Terkait dengan peningkatan literasi, Badan Bahasa telah melakukan berbagai program dan kegiatan yang langsung dirasakan oleh masyarakat, antara lain penyediaan bahan bacaan untuk jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK. Pembinaan Bahasa kepada Lembaga pemeritah dan nonpemerintah, serta perluasan penggunaan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif merdeka," ungkap Hafidz sebagai putra asli daerah Purbalingga.

Hafidz menambahkan bahwa pada tahun 2022 Badan Bahasa telah mencetak 500 judul buku dengan oplah sebanyak 12.159.182 buku yang disebarkan ke 7.609 satuan Pendidikan di wilayah 3T. Di samping itu, tidak hanya mengirimkan buku-buku ke sekolah, namun juga dilakukan pendampingan kepada para guru untuk dapat memanfaatkan buku-buku tersebut agar dapat meningkatkan literasi dan pembelajaran di sekolah. 

Baca Juga: Gandeng Huawei Indonesia, Kemendikbudristek Berdayakan Talenta Muda Melek Digitalisasi

Balai Bahasa Jawa Tengah, sebagai unit pelaksana teknis di daerah, juga telah melakukan terobosan dengan menggelar bimbingan teknis dan rapat koordinasi dengan penggerak literasi, bengkel sastra bagi generasi muda dalam penulisan cerita pendek, puisi dan cerita anak. Bengkel literasi bagi penggerak literasi di kalangan guru juga dilakukan melalui penerbitan antologi cerita anak hasil karya guru. 

Peningkatan peran Perpustakaan  

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah IX Provinsi Jawa Tengah, Dwi Yuliati Mulyaningsih, menyampaikan pentingnya tugas pustakawan untuk mengelola, mendesain, menata ruang-ruang perpustakaan yang ada di sekolah agar bisa menjadi ruang rekreasi yang menyenangkan bagi anak didik.

"Bapak dan Ibu harus berimprovisasi, berinovasi, dan berkreasi, agar perpustakaan bisa menjadi tempat rekreasi, sehingga menimbulkan dampak positif yaitu anak akan memanfaatkan peran perpustakaan sebagai sumber belajar bagi mereka," ungkap Yuliati.

Yuliati menambahkan bahwa selain peran pustakawan, salah satu upaya untuk menumbuhkan minat baca bagi siswa harus dimulai dari keluarga. Orang tua berperan penting dalam menumbuhkan semangat membaca anak-anak sejak dini. 

Baca Juga: Mendikbudristek Dorong Generasi Muda Kuasai Soft Skills Majukan Peradaban Dunia

"Jangan sampai buku-buku itu hanya menjadi koleksi yang masih tersimpan rapi. Ini menjadi tantangan kita. Bapak dan Ibu perlu menjadi contoh. Kalau perlu, rumah Bapak dan Ibu menjadi perpustakaan bagi keluarga di lingkungannya," lanjutnya.

Seminar Literasi Nasional juga menghadirkan nara sumber dari Bank Indonesia yang menyampaikan materi literasi finansial, serta Ketua Ikatan Perpustakaan Indonesia (IPI) Jawa Tengah yang memaparkan pentingnya perpustakaan sebagai pusat literasi.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: